Siap Menuju Kalimantan Barat, Tim Pesparawi Papua Diminta Utamakan Kegiatan Keagamaan

0
731
Penampilan kontingen Pesparawi Papua, disela-sela pelepasan oleh Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Papua, Noak Kapisa, di Sasana Krida Kantor Gubernur, Senin (16/7/2018). (Erwin /HPP)
Ilustrasi Kontingen Pesparawi Kota Jayapura, Kategori PSDP saat tampil di Kaimana. (Dolf)

JAYAPURA (LINTAS  PAPUA)  –  Kontingen Pesparawi Provinsi Papua resmi dilepas oleh Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekda Papua Noak Kapisa, untuk selanjutnya rangkaian kegiatan tingkat nasional ke XII, di Pontianak, Kalimantan Barat, 27 Juli sampai dengan  4 Agustus 2018.

Dalam kesempatan itu, dirinya minta agar kontingen Pesparawi Papua tidak semata-mata mengikuti kegiatan untuk mengejar piala. Tetapi lebih mengutamakan kegiatan keagamaan yang dilandasi oleh kasih.

“Memang kita lebih berharap nanti kontingen Pesparawi Papua bisa pulang membawa piala juara. Paling tidak dari sekian nomor lomba yang diikuti, Papua bisa membawa pulang medali emas. Namun diharapkan lebih mengutamakan kegiatan keagamaan ketimbang hal lainnya,” harap Noak disela-sela pelepasan kontingen Papua tersebut, di Sasana Krida Kantor Gubernur Dok II Jayapura, Senin (16/7/2018).

Noak menyebut, pelaksanaan Pesparawi nasional sebenarnya lebih kepada wadah untuk merpersatukan semua umat Tuhan yang ada di seluruh Indonesia. Oleh karenanya, momentum Pesparawi dianggap pula sebagai wujud nyata kasih Tuhan kepada umat manusia, sebab seluruh penghargaan dimanifestasikan melalui pujian-pujian dan lagu yang diperlombakan itu.

Namun demikian, lagu dan pujian yang dilombakan itu disampaikan untuk hormat dan kemulian bagi nama Tuhan.

“Makanya, salah satu dampak positif dari kegiatan ini adalah menghadirkan sebuah keterbukaan diantara denominasi gereja yang ada. Sehingga memungkinkan terjadi dialog kearah terciptanya kerukunan intern yang aktif dikalangan umat kristiani seluruh Indonesia”.

“Disamping itu, berupaya meningkatkan hubungan serta kerja sama, agar tercipta kerukunan antar umat kristiani yang ada diatas negeri ini,” terangnya.

Secara terpisah, Ketua Umum Lembaga Pengembangan Pesparawi Daerah (LPPD) Provinsi Papua, Elia Loupatty optimis kontingennya dapat membawa pulang hasil yang maksimal ke bumi cenderawasih. (Erwin / Koran Harian Pagi Papua)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here