JAYAPURA (LINTAS  PAPUA)  – DPRD Pegunungan Bintang akan menggunakan aplikasi e-aspirasi dalam menerima aspirasi warga maupun warga bisa mengetahui apa yang dikerjakan oleh wakil rakyat.

Hal tersebut disampaikan Sekwan Pegunungan Bintang, Jeni Linthin saat melakukan sosialisasi e-aplikasi informasi centre di Hotel @Hom, Tanah Hitam, Jayapura, Sabtu (14/7).

‘’E-Aspirasi, diharapkan dapat meningkatkan komunikasi antara masyarakat, dalam menyampaikan berbagai aspirasi, namun tidak berarti masyarakat dibatasi datang ke kantor DPRD, aplikasi ini memudahkan masyarakat yang tidak ke kantor DPRD untuk menyampaikan aspirasinya,’’ ujar Jeni.

E-aplikasi adalah proyek perubahan DPRD Kabupaten Pegunungan Bintang dan merupakan tugas di Diklat Tingkat Kepemimpinan Tingkat II, sebagai inovasi dari Sekwan untuk syarat kelulusan, dan akan diterapkan di SKPD Kabupaten Pegunungan Bintang. ‘’Sudah dilakukan juga uji coba dan sudah ada MoU, tinggal diluncurkan,’’ jelasnya.

Lebih lanjut Jeni mengatakan, wilayah Pegunungan Bintang ini cukup luas, untuk itu, bagi masyarakat yang lokasinya cukup jauh dari kantor DPRD Pegubin yang ingin menyampaikan pendapatnya atau aspirasinya, buka aja aplikasi E-Aspirasi ini.

‘’Diharapkan, adanya inovasi perubahan tersebut maka penyerapan aspirasi masyarakat dapat diselenggarakan dengan efektif, efisien dan transparan serta dapat mengakomodir seluruh lapisan masyarakat yang semakin maju, berkembang seiring dengan kemajuan teknologi informasi,’’ ujar Jeni.

Sosialisasi diikuti tim stakeholder Pegunungan Bintang, masyarakat dan mahasiswa untuk memberikan pemahaman adanya proyek perubahan Diklat PIM Tingkat II oleh Sekwan yang berlangsung di Provinsi Jawa Timur.

Proyek perubahan ini didukung penuh oleh Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Pegunungan Bintang Petrus Tekege dan Wakil Ketua I Pieter Kalakmabin Amd. ‘’Kami sangat mendukung proyek perubahan Sekwan Pegunungan Bintang sebagai inovasi yang nantinya diterapkan di Kabupaten Pegunungan Bintang di tahun 2018 ini,’’ ujar Petrus Tekege.  (nn/ej / KORAN HARIAN PAGI PAPUA)