Sefried Depondoiye merupakan putra asli Sentani, Kabupaten Jayapura. Sekarang, dia diamanahkan memegang kendali Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol). Di balik jabatan yang diembannya saat ini, ternyata dia memiliki perjuangan yang panjang sampai bisa duduk menjadi seorang kepala badan yang sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris DPRD Kabupaten Jayapura. Seperti apa?.

Laporan : Muhammad Irfan-SENTANI (Wartawan Harian Pagi Papua)

Suasana nampak sunyi di Kantor DPRD Kabupaten Jayapura pada Senin (9/7/2018) siang lalu sekitar pukul 13.00 WIT. Di ruang tunggu Sekretaris DPRD Kabupaten Jayapura, terlihat berdiri satu orang staff pria.

Dengan kondisi pintu Sekretaris DPRD Kabupaten Jayapura terbuka, staff itu mengatakan jika Sekretaris DPRD (jabatan lamanya Sefried Depondoiye) sedang berada di dalam ruangan kerjanya melakukan briffing dengan kepala bagian (Kabag) dan staf di Sekretariat DPRD Kabupaten Jayapura. Ia masih pertemuan dengan beberapa kepala bagian dan staff di Sekretariat DPRD Kabupaten Jayapura yang pernah Sefried Depondoiye pimpin selama lima tahun lamanya.

Wartawan Harian Pagi Papua pun menarik HP dari saku celananya, untuk menghubungi Sefried Depondoiye yang telah dilantik sebagai Kepala Badan Kesbangpol yang baru. Sefried pun mengangkat HP miliknya dan memberi tahu posisinya di ruang kerja Sekretaris DPRD Kabupaten Jayapura.

Harian Pagi Papua pun merapat menuju pintu ruangan Sekretaris DPRD Kabupaten Jayapura, tak lama terlihat satu per satu Kepala Bagian dan staff di Sekretariat DPRD Kabupaten Jayapura keluar dari ruang kerja Sekwan. Selang beberapa menit kemudian, Sefried Depondoiye pun keluar sambil menyapa dan mempersilahkan masuk Harian Pagi Papua yang saat itu ditemani salah satu wartawan media cetak lokal lainnya.

“Ya, ini masih sibuk-sibuk, dan baru saja saya briffing dengan kepala bagian dan staff di Sekretariat DPRD Kabupaten Jayapura sebelum berpindah ruang kerja di Kantor Badan Kesatuan Bangsa dan Politik,” kata Sefried Depondoiye, sembari mempersilahkan Harian Pagi Papua duduk disampingnya yang ditemani oleh salah satu wartawan media cetak lokal lainnya.

Sembari bertanya maksud kedatangan wartawan, sesekali Sefried bercanda dengan staff dan wartawan yang ada di ruangan tersebut. Tidak lama, Sefried pun memberikan kesempatan kepada wartawan harian ini dengan satu wartawan media cetak lokal lainnya untuk wawancarai santai di depan meja kerjanya.

Langsung, Sefried menceritakan perjalanan hidupnya sebelum menjadi seorang kepala badan. Sefried Depondoiye merupakan putra Asli Sentani, Kabupaten Jayapura yang menyelesaikan program Strata Satu (S1) jurusan FISIP di Universita Cenderawasih (Uncen) pada tahun 1992.

Dulu, Sefried menamatkan bangku pendidikan ditingkat Sekolah Dasar (SD) itu di SD YPK Yoboi pada tahun 1980. Selajutnya, ia menamatkan bangku SMP pada tahun 1984 di SMPN 2 Sentani. Dan menamatkan bangku pendidikan ditingkat SMA pada tahun 1987 di SMAN 3 Sentani.

Selesai SMA, saya kuliah di FISIP Uncen dan berhasil menyelesaikan program S1 pada tahun 1992, ceritanya.

Sefried melanjutkan, saat sudah berstatus pegawai negeri sipil (PNS), dirinya pun diangkat (dipromosikan) sebagai Kepala Seksie (Kasie) Pelaksanaan SBPP Dinas P dan P pada tahun 1996. Perlahan karirnya semakin cemerlang, tiga tahun kemudian Sefried dipromosikan sebagai Kepala Seksie (Kasie) Perencanaan Perumahan Dinas Perumahan tahun 1999.

Karier di Pemkab Jayapura, dua tahun berikutnya Sefried dilantik sebagai Kepala Sub Dinas Program Dinas Perumahan pada tahun 2001. Pada tahun 2003, Sefried diangkat sebagai Kepala Sub Dinas Tata Kota Dinas Cipta Karya. Cukup lama di Dinas Cipta Karya, Sefried masuk gerbong mutasi dan dipindahkan ke Sekretariat Daerah Kabupaten Jayapura tahun 2009 dan menjabat sebagai Kepala Administrasi Pembangunan.

Hanya selang dua tahun kemudian, dia pun kembali ditetapkan sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Asisten III dan sekaligus merangkap sebagai Kabag Pembangunan dar tahun 2011 hingga 2012. Di tahun 2013, Sefried pun diangkat sebagai Sekretaris DPRD Kabupaten Jayapura selama lima tahun dari bulan Februari 2013 hingga Juli 2018.

Di Sekretaris DPRD Kabupaten Jayapura, saya cukup lama menjabat yang hampir lima tahun, ujarnya.

Baru di bulan Juli tahun 2018, putra asli Sentani ini dipercaya menduduki posisi Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), yang selama ini kosong akibat kepala badan sebelumnya sudah pensiun dan dijabat sementara oleh Sekretaris Badan Kesbangpol sebagai Plt Kepala Badan Kesbangpol.

Dan sekarang saya punya amanah tugas lebih berat lagi menjadi kepala badan Kesbangpol. Semoga jabatan ini bisa dengan baik saya jalankan, ucapnya.

Di hari pertama menjabat sebagai kepala badan, Sefried mengaku sudah menyiapkan terobosan awal. Pertama akan membenahi di dalam Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol).

Sebagai pejabat baru, paling terlebih dahulu saya akan benahi ke dalam Badan Kesbangpol sesuai prosedurnya dan masing-masing harus ditempatkan sesuai dengan tupoksinya, ungkap Sefried Depondoiye.

Selain itu, dalam setiap melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya, dirinya tetap mengacu pada aturan yang berlaku di OPD Badan Kesbangpol yakni, tugas pokoknya seperti apa dan juga tetap memperhatikan visi misi Bupati Jayapura.

Jadi, dalam perjalanan tugas kedepan mungkin kita lihat apa yang perlu dibenahi, ya itu kita prioritaskan terlebih dahulu untuk kita benahi, ujar Sefried Depondoiye seraya menambahkan bahwa dirinya belum bisa banyak berbicara karena dirinya masih baru di Badan Kesbangpol.

Pada bulan Juli tahun 2018 ini, Sefried ditugaskan sebagai Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Jayapura oleh Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, S.E., M.Si.

Untuk urusan jabatan saya berprinsip itu adalah sebuah amanah yang harus dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab dan penuh konsekuensi, ujarnya.

Saya juga kaget kalau hari ini (Senin, 9/7/2018) saya dapat undangan untuk dilantik sebagai kepala badan. Cuma kebetulan saya dapat jabatan di Eselon II, maka saya sangat bersyukur. Apalagi tingkat kejenuhan sebagai manusia itu pasti ada, karena saya sudah sangat lama (5 tahun) sebagai Sekwan. Malahan saya yang meminta kepada bapak Bupati, untuk saya dipindahkan dari jabatan Sekwan agar ada penyegaran baik mau di dinas atau badan mana, tuturnya.

Jika itu sudah jadi perintah dari pimpinan, maka saya pun siap melaksanakannya, ujar Sefried Depondoiye mengakhiri kisah perjalanan karirnya. (*)

Biodata

Nama : Sefried Depondoiye

Istri : Oce Maker

Anak : – Helen A. Depondoiy

-Vildo R. Depondoiye

Riwayat Pendidikan:

SD YPK Yoboi Lulus Tahun 1980

SMPN 2 Sentani Lulus Tahun 1984

SMAN 3 Sentani Lulus Tahun 1987

S1 Fisip Uncen Tahun 1992

Riwayat Jabatan:

Kasub Seksie Pelaksanaan SBPP Dinas P&P Tahun 1996

Kepala Seksie Perencanaan Perumahan Dinas Perumahan Tahun 1999

Kepala Sub Bina Program Dinas Perumahan Tahun 2001

Kepala Sub Tata Kota Dinas Cipta Karya Tahun 2003

Kepala Administrasi Pembangunan Setda Kabupaten Jayapura tahun 2009

Plt Asisten II rangkap Kepala bagian Pembangunan tahun 2011-2012

Sekretariat DPRD Kabupaten Jayapura Februari 2013-Juli 2018

Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Jayapura Juli 2018-sekarang