Polisi dan Masyarakat Gotongroyong  Bangun Jembatan di Boven Digoel

0
548
Nampak para anggota Polsek Mindiptana menyatu dengan warga kampung Awayanka, bergotongroyong membangun Jembatan gantung di Kali Oga, Kabupaten Boven Digoel. (Humas Polda)
Nampak para anggota Polsek Mindiptana menyatu dengan warga kampung Awayanka. (ISTIMEWA)

JAYAPURA (LINTAS  PAPUA) –  Selain memberikan rasa aman dan mengayomi, peran serta kepolisian dalam pembangunan akses jalan di daerah tertinggal juga nyata dirasakan masyarakat. Terbukti, dimana ketika para anggota kepolisian sektor Mindiptana bersama masayarakat lokal, ikut serta bergotongroyong membangun Jembatan Gantung di Kampung Awayanka Kali Oga, Distrik Mindiptana, Kabupaten Boven Digoel pada Sabtu (14/7/2018) lalu.

 

Jembatan penyeberangan yang menghubungkan dua sisi pinggiran Kali Oga ini dibangun oleh pihak kepolisian setempat, sebagaimana amanat Kapolri Jenderal Tito Karnavian kepada jajarannya yang bertugas di wilayah tertinggal di seluruh  tanah air untuk berpartisipasi meningkatkan taraf hidup masyarakat desa.

 

Kapolsek Mindiptana Iptu Husain yang ikut dalam gotongroyong tersebut mengatakan, saat ini pembangunan Jembatan Gantung telah memasuki hari kedua dengan pembuatan jembatan kayu sebagai akses menuju jembatan gantung, pengecetan rangka dan lantai jembatan yang dipandu oleh tenaga ahli dari Jakarta dan negara Switzerland (Swiss -red).

 

Ia menuturkan, peran anggotanya dalam gotongroyong membangun jembatan ini antara lain membantu warga melakukan pemotongan kayu sesuai kebutuhan jembatan, melakukan pengukuran serta pemasangan cor rangka beton jembatan, pengecatan tiang besi jembatan, pemasangan rel jembatan serta pekerjaan berat lainnya.

 

Dalam tahap realisasinya, jembatan ini dibangun secara gotong royong dengan memberdayakan masyarakat kampung Awayanka, ditopang bantuan tenaga dari anggota polisi kurang lebih 10 personel. Kata Husain, dengan adanya kerjasama ini, diharapkan dapat membangun komunikasi yang baik antara Polri dan masyarakat yang ada di kampung Awayanka guna solidaritas membangun situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

 

“Semoga ini menjadi akses (jalan) yang manfaatnya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat dan menjadi ikon baru Distrik Mindiptana. Sehingga juga dapat meningkatkan perekonomian khususnya bagi warga yang ada di kampung ini,”  ungkap Kapolsek Mindiptana di hadapan masyarakat usai gotongroyong.

 

Masayarakat Awayanka yang turut dalam gotongroyong dalam pembangunan jembatan tersebut pun senang dan bangga atas bantuan materil serta dukungan moril yang yang diberikan pihak kepolisian. Progres pekerjaan jembatan Gantung ini pun tak lama lagi akan rampung.

 

Mereka pun berterimakasih kepada Kapolsek Mindiptana beserta anggota Polsek yang turun untuk bekerja keras di lapangan bersama masayarakat, demi infrastruktur yang diharapkan akan mempermudah moda transportasi dan distribusi guna peningkatan ekonomi serta tarap hidup masyarakat. (Paul)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here