Rocky Bebena : Liga 3 Zona Papua  Disepakati Satu Putaran

0
955
Koordinator Pemuda Kalwedo, Rocky Bebena. (Geis Muguri /HPP)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA)  –  Liga 3 Zona Papua  yang awalnya direncanakan akan digulir dengan dua putaran, akhirnya dirubah menjadi satu putaran.

 

Lantaran sesuai jadwal PSSI untuk putaran Zona Nasional akan digulir pada minggu kedua bulan Agustus, sementara jika Sona Papua tetap menggunakan dua putaran dan akan berakhir pada akhir bulan Agustus maka secara otomatis Zona Papua tidak akan mendapatkan jatah untuk Zona Nasional.

 

“Kita sudah memanggil semua peserta Liga 3 Zona Papua, dan ada beberapa opsi yang kita rubah. Secara khusus buat kompetisi yang awalnya dua putaran dan akan selesai pada akhir bulan Agustus, sedangkan Zona Nasional akan digulir pada minggu kedua bulan Agustus. Tentu kita tidak bisa mendapatkan juara jika kita tetap berkutat pada kompetisi yang sedang berjalan, makanya kita sepakati diputar hanya satu putaran saja,” ungkap Ketua 1 Asprov PSSI Papua, Rocky Bebena,  usai melakukan rapat dengan 20 peserta kompetisi Liga 3 Sona Papua di Gor Waringin, Senin (9/7/2018) siang kemarin.

 

Pria yang juga menjabat sebagai Sekum Persipura ini menjelaskan,  perubahan lainnya seperti mekanisme penentuan juara untuk mendapatkan kuota menuju babak Zona Nasional.

 

“Awalnya juga kita putuskan bahwa hanya juara poll saja yang akan kita putar untuk mendapatkan peringkat 1, 2 dan 3. Namun kali ini kita akan ambil juara poll dan runer up untuk kita putar pada babak 6 besar, dan babak 6 besar kita akan putar kembali dengan sistem stengah kompetisi untuk mencari juara 1, 2, dan 3. Kemudian peringkat 1,2,3 juga kembali kita gulir dengan sistem laga segi tiga untuk mencari juaranya,” kata Rocky, yang juga Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Kota Jayapura ini.

 

Sementara untuk jatah ke Zona Nasional, Rocky membeberkan, sesuai regulasi satu jatah bagi 14 tim yang ikut berkompetisi.

Para Pemain Nafri FC saat sedang latihan. (Aldo Itaar Facebook)

“Karena kita ada 20 tim, kemungkinan kita dapat 2 jatah lolos ototmatis dan satu jatah lewat play off. Atau mungkin 1 jatah lolos otomatis dan 1 jatah play off. Kita tunggu saja berapa yang akan PSSI berikan untuk kita,” ujar Rocky.

 

 

 

 

Sementara untuk penambahan pemain, Ketua Panpel Kompetisi Liga 3, Niko Dimo menjelaskan bahwa klub baru bisa melakukan penambahan pemain ketika klub tersebut lolos ke babak Zona Nasional.

Ketua Panpel Kompetisi Liga 3, Niko Dimo (baju abu – abu) dalam sebuah kegiatan. (ISTIMEWA)

“Awalnya kita sudah sampaikan alangkah baiknya jika pemain lebih dari pada kurang. Jadi kalau ada yang mau menambah pemainnya, nanti kalau lolos ke Zona Nasional baru bisa menambah pemain,” ucap Niko Dimo. (Geis Muguri / Koran Harian Pagi Papua)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here