Promosikan Kabupate  Jayapura di APKASI Otonomi Expo 2018

0
655
Suasana Dalam pameran Apkasi Otonomi Expo 2018. (ISTIMEWA)

SENTANI (LINTAS  PAPUA) – Kabupaten Jayapura gencar promosi berbagai produk unggulannya di berbagai kesempatan. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan investasi dan peningkatan wisata. Salah satunya dengan mengikuti pameran di Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) Otonomi Expo 2018.

Pameran investasi daerah terbesar di Indonesia yang digelar dari tanggal 6-8 Juli 2018 ini digelar di Indonesia Convention Exhibition (ICE) Bumi Serpong Damai (BSD) Tangerang ini bertema Trade, Tourism and Investment (Meningkatkan Daya Saing Daerah dalam Merebut Pasar Global). Hal ini tak jauh dari tagline yang terus digadang-gadang Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura dalam visi misinya, yakni Jayapura Baru.

Ketua Panitia Tim Apkasi Otonomi Expo 2018 Tingkat Kabupaten Jayapura yang juga Kepala Dinas TPH Kabupaten Jayapura, Adolf Yoku, SP, MM. (ISTIMEWA)

Saat dikonfirmasi Ketua Panitia Tim Apkasi Otonomi Expo (AOE) 2018 Tingkat Kabupaten Jayapura, Adolf Yoku, S.P., M.M., mengatakan, tema yang diangkat Pemerintah Kabupaten Jayapura lebih menitikberatkan pada produk unggulan, investasi dan pariwisata yang bertujuan untuk menggali investasi dan meningkatkan kunjungan pariwisata untuk datang ke Bumi Khenambay Umbay sebutan Kabupaten Jayapura.

Pameran Apkasi Otonomi Expo (AOE) 2018, kita dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura menampilkan beberapa porduk ungulan atau andalan Kabupaten Jayapura, yang saat ini kita bisa hadirkan baik bahan baku maupun bahan-bahan olahan untuk mengikuti expo kali ini, jelas Adolf Yoku yang juga Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Kabupaten Jayapura, ketika dikonfirmasi Harian Pagi Papua via telepon seluler, Jumat (6/7/2018) sore.

Antara lain tanaman coklat (Kakao) baik bahan baku maupun bahan olahannya, yang kita bawa (tampilkan) untuk mengikuti expo ini, sambung Adolf Yoku dengan singkat.

Lebih lanjut Adolf Yoku mengatakan untuk promo di bidang kelautan dan perikanan ditampilkan udang Lobster dan ikan Tuna. Juga yang sekarang lagi ngetrend saat ini adalah tanaman Sagu, karena sudah secara nasional menjadi salahsatu komoditas andalan dalam bidang ketahanan pangan.

Dikarenakan, kita punya potensi tanaman Sagu yang cukup besar, sehingga kita bawa bahan baku maupun bahan olahannya. Ini juga harus kita hadirkan untuk bisa dilirik oleh investor agar bisa berinvestasi dan bisa mengembangkan budidaya tanaman Sagu hingga masuk ke industri, katanya.

“Kemudian dari Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura, kita juga bawa beras Khenambay Umbay, buah merah dan ubi. Sedangkan dari Disperidagkop dan UMKM, kita bawa berbagai jenis kerajinan ukir-ukiran seperti ukiran kulit kayu, ukiran di baju dan topi yang khas Kabupaten Jayapura serta tas kulit kayu,”  terangnya.

Dalam pameran Apkasi Otonomi Expo 2018, kata Adolf Yoku, pihak Pemkab Jayapura juga bekerjasama dengan beberapa pihak swasta, BUMN dan BUMD seperti PT. Sinar Mas, PDAM Jayapura, PT Rimba Matoa Lestari, PT NCBA dan WWF.

Kepala Dinas TPH Kabupaten Jayapura, Adolf Yoku, ketika menerima penghargaan dalam Pameran tersebut. (ISTIMEWA)

Untuk mendukung expo ini, kita bekerjasama dengan pihak swasta seperti PT Sinar Mas dan PT Rimba Matoa Lestari, yang bergerak di sektor sawit. Kemudian ada PDAM Jayapura membawa produk air minum kemasan Robhong Holo, lalu dengan WWF itu kita memperkenalkan eko wisata di Kabupaten Jayapura, kata Adolf Yoku seraya menambahkan Tim Apkasi Otonomi Expo 2018 Kabupaten Jayapura itu terdiri dari instansi di bidang ekonomi.

Ia juga mengatakan, untuk promo pariwisata ditampilkan beberapa kesenian. Juga turut membagikan brosur Festival Danau Sentani. Dengan menayangkan dalam bentuk video wahana wisata Danau Sentani. Juga ada wisata Teluk Tanah Merah yang sangat indah dengan pantai pasir putihnya seperti Pantai Tablanusu, Pantai Harlem dan Pantai Amai.

Menurut Adolf Yoku, expo kali ini sangat luar biasa, karena kerjasama antara pemerintah daerah dengan pihak swasta baik itu BUMN dan BUMD, yang sangat mendukung iven pameran Apkasi Otonomi Expo 2018 ini.

Untuk itu, kami juga mengucap syukur kepada Tuhan serta berterima kasih kepada Bupati dan Wakil Bupati Jayapura, yang telah memberikan satu tugas kepada tim Kabupaten Jayapura untuk menjadi salahsatu peserta pameran Apkasi Otonomi Expo 2018 yang berlangsung di ICE-BSD Tangerang dari tanggal 6-8 Juli 2018, ucapnya. (Irfan / KORAN HARIAN PAGI PAPUA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here