Nathan Pahabol : Pemilu Gubernur Papua di Yahukomi Tidak Sah

0
840

 

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Tim Josua Papua cerdas menemukan indikasi kecurangan dalam proses Pemilu Gubernur 2018 pada 51 wilayah Yahukimo, cenderung tidak ada pelaksanaan Pemilu. Tim Papua cerdas akan menyerahkan temuan ini melalui proses hukum serta mengangap Pemilu Yahukimo tidak sah, hal ini disampaikan pada jumpa pers di kantor Partai PDIP Kotaraja Jayapura, Kamis(4/7/2018).

Sekertaris Tim JWW-HMS Provinsi Papua, Nathan Pahabol,  Mengatakan, bahwa pemungutan suara dilakukan sendiri oleh beberapa oknum dan tidak melakukan pemilihan umum dan akan menunjuk team hukum untuk memproses pemilu menuntut kepada Panwaslu dan KPU.

“Dari 51 distrik atau kecamatan hanya satu wilayah Dekai, sedangkan angguruk saya datang langsung mencari tempat pemungutan suara tidak ada. Seluruh kota Suara tertumpuk di Dekai dan tidak dikirim ke masing-masing Kabupaten. Pemilihan dilaksanakan oknum melakukan Suara di larikan ke nomor urut satu, melakukan rekapan di jalan tidak di lakukan di TPS. Kpu tidak bisa menjelaskan, kami menolak PSU Tim hukum segera menindak lanjuti, sengketa pemilu kepada KPU dan Bawaslu.”katanya.

Kepala sekertariat Tim JWW-HMS Provinsi Papua, Hein Ohee,menegaskan demokrasi tidak berjalan baik di Yahukomo dan menyiapkan Tim hukum mengkaji kejadian.

“Kami meminta perhatian KPU dan Bawaslu agar mencermati kejadian ini, bukan hanya Yahukimo tapi ada beberapa Kabupaten terindikasi hal yang sama, kita sayangkan caranya sampai nol suaranya itu bukan demokratis, noken itu demokratis tapi noken mudah dimanfaatkan beberapa pihak.Tim hukum mengkaji kejadian untuk mengambil Langkah selanjutnya.”jelasnya.

Ketua Tim JWW-HMS, Isak Salak,  menolak putusan hasil pemilihan gubernur dan wakil Gubernur 2018 di Yahukimo karena banyak rekayasa tanpa melakukan pemungutan suara langsung Oleh masyarakat.

“Tadi saat pleno kami secara tegas menyatakan, menolak hasil pemilihan di Yahukimo karena sarat pelanggaran, kami Wolkout dari ruang sidang pleno KPU Yahukimo.”Pungkasnya.(Fransisca)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here