KPU Keerom Siap Gelar Pleno Tingkat Kabupaten

0
748
KPUD Keerom dalam sebuah kegiatan. (Arif / Koran Harian Pagi Papua)

KEEROM (LINTAS PAPUA)  – Gelaran pesta demokrasi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Papua tahun 2018 telah dilaksanakan pada Rabu, 27 Juni 2018 lalu, namun bukan berarti tugas KPU berkurang. Saat ini KPU Keerom melalui perangkat di tingkat Distrik yaitu PPD telah menggelar pleno, maka KPU Keerom segera menggelar pleno di tingkat Kabupaten.

Ketua KPU kabupaten Keerom Keerom Bonefasius Bao, S.IP, MA mengunkapkan bahwa rekapitulasi suara dari distrik sebagian besar telah dilaksanakan, dan yang terakhir dua Distrik yaitu Kaisenar dan Towe menggelar pada kemarin (2/7/2018).

‘’Sebagian besar PPD telah menggelar pleno, sementara dua distrik yang terkendala trasportasi darat hari ini (kemarin red) juga dilakukan plenonya sehingga selesai semuanya kita akan menggelar pleno tingkat Kabupaten,’’ungkapnya kepada wartawan di Kantor KPU Keerom, kemarin.

Ia menyebutkan bahwa sebelumnya dua distrik di Kabupaten Keerom tersebut terkendala transportasi darat untuk merekap hasil pemilihan di wilayah itu, sehingga harus menggunakan trasportasi udara.

Ia juga mengemukakan saat proses pleno taka da kendala yang berarti karena semua PPD memahami betul tatacara rekapitulasi perhitungan suara sehingga prosesnya dapat berjalan lancar.

‘’Termasuk menginput semua formulir sesuai bimbingan teknis yg telah diberikan devisi teknis pemilu KPU Keerom,’’tambahnya.

Terkait netralitas angota KPU keerom saat disinggung ia mengungkapkan angotanya menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik. ‘’Anggota KPU Keerom sangat menjunjung tinggi integritas penyelenggara dengan mengedepankan prinsip kejujuran, konsisten dalam menegakan aturan, bermoral dan bermartabat,’’tegasnya.

Selain itu terkait info yang berkembang dan simpang siur di media social, ia meminta masyarakat Kabupaten Keerom agar tidak mempercayai dan terpancing dengan perhitungan cepat atau quick count yang disampaikan di media social.

‘’Karena hingga saat ini KPU belum melakukan pleno penetapan, jadi belum ada hasil resmi. Sedangkan pleno penghitungan tingkat Kab kita rencanakan antara tanggal 4—6 Juli nanti. Untuk itu KPU menghimbau bahwa rekapitulasi hasil perolehan suara yang sah adalah data resmi yang nanti keluarkan oleh KPU saat pleno. Jadi masyarakat atau pemangku kepentingan diminta untuk bersabar menunggu data resmi KPU,’’tegasnya. (rif/ej/ KORAN HARIAN PAGI PAPUA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here