Antusias Pemilih di Kota Jayapura Capai 50 Persen

0
442
Wali Kota beserta Istri ibu Christin L. Mano melakukan pencoblosan di TPS 04 kelurahan Wahno Pada pukul 08.30 wit. (Humas Setda Kota Jayapura)
Ilustrasi Warga saat hendak coblos pada Pemilukada Kota Jayapura di salah satu TPS di Perumnas 4 Padang Bulan (Foto : Eveerth / HPP))

JAYAPURA (LINTAS PAPUA)  – Wali Kota Jayapura, Dr. Benhur Tomi Mano, MM, mengakui tingkat kehadiran pemilih di Tempat Pemungutan Suara (TPS) saat pencoblosan pemilihan kepala Daerah Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Papua.

Menurutnya, dari pantauannya bersama Wakil Wali Kota dan Forkompimda Kota Jayapura serta Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di sejumlah TPS di 5 distrik yang ada di Kota Jayapura, dari 369 TPS di kota Jayapura, tersapat sejumlah TPS yang pemilihnya kurang dari 50%. Namun di distrik Muara Tami antusias pemilih telah mencapai 50%.

“Hasil pantauan saya dari pagi jam 08.00 di 5 distrik kota Jayapura di beberapa data TPS yang saya amati dan lihat ada TPS terdapat pemilihnya sebanyak 676 namun yang ada 425, sampai dengan pukul 11.30 itu masih di bawah masih di bawah 50% dan di distrik Muara Tami terdapat 9 TPS di atas 50% dan saya harapkan jam 1 semua 369 TPS bisa di atas 50%,”ucap Wali Kota Usai melakukan pemantauan disejumlah TPS-TPS yang da di Kota Jayapura.

Wali kota mengatakan kurangnya partisipasi warga untuk meberikan hak suaranya di TPS-TPS dimungkinkan karena beberapa faktor seperti, demam sepak bola yang digelar sampai pagi hari, atau kurang tepatnya program-program yang disampaikan kedua kandidat,  dan tidak tersalurkan undangan C6 yang belum sampai di warga.

Untuk mengantisipasinya, langkah pemerintah daerah untuk mendorong warganya dapat berpartisipasi aktif pada saat pencoblosan telah dilakukan melalui pemberitahuan melalui pengeras suara melalui kendaraan milik pemerintah, dan rumah rumah ibadah, baik gereja maupun masjid-masjid, bahkan warga diminta untuk melakukan pencoblosan dengan membawa E-KTP.

“Tingkat partisipasi masyarakat cukup rendah dan kemungkinan demam piala dunia dan situasi kota Jayapura aman di 5 distrik Kelurahan kampung saya yakin jam 01.00 masyarakat akan datang berbondong-bondong untuk memberikan hak suaranya dan Pasti di atas 50% diharapkan dan kami tugas pemerintah daerah sudah berusaha untuk menyampaikan masyarakat yang tidak memiliki undangan C6 untuk dapat menggunakan E-KTP pada saat di TPS,”jelas Wali Kota.

Sementara itu, Wali Kota beserta Istri ibu Christin L. Mano melakukan pencoblosan di TPS 04 kelurahan Wahno Pada pukul 08.30 wit, dan Wakil Wali Kota didampingi istri Ibu Hj. Rasmawati Rustan Saru, melakukan pencoblosan di TPS 26 kelurahaan Awiyo pada pukul 08.25 wit. (Humas  Setda Kota Jayapura)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here