Bupati bersama para dokter di RSUD Youwari. (Irfan/HPP)
Bupati bersama para dokter di RSUD Youwari. (Irfan/HPP)

SENTANI (LINTAS  PAPUA)  –  Akreditasi terhadap rumah sakit sebagai langkah penting untuk memberikan jaminan layanan kesehatan yang terbaik kepada masyarakat. Hal itu dikatakan Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, S.E., M.Si, dalam sambutannya pada acara pencanangan (kick off) Akreditasi RSUD Youwari, Jumat (18/5/2018) pagi di Aula RSUD Youwari, Doyo Baru, Kabupaten Jayapura.

Dengan akreditasi yang diuntungkan nantinya masyarakat, karena akreditasi yang baik akan berdampak pada pelayanan kesehatan yang juga lebih baik dan meningkat kepada masyarakat, katanya.

Agar bisa lulus akreditasi rumah sakit terakreditasi untuk menuju RSUD Youwari naik kelas menjadi rumah sakit terakreditasi.

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, S.E., M.Si, dalam sambutannya pada acara pencanangan (kick off) Akreditasi RSUD Youwari, Jumat (18/5/2018) pagi di Aula RSUD Youwari, Doyo Baru, Kabupaten Jayapura. (Irfan/HPP)

“Artinya, ke depan peningkatan mutu keselamatan pasien harus lebih diupayakan lebih baik lagi. Ya, acara di rumah sakti tadi (kemarin) itu hanya launching saja, untuk bagaimana akreditasi ini bisa lebih baik lagi ke tingkat lebih baik lagi. Oleh karena itu, kita siap untuk rumah sakit ini bisa naik kelas (lebih baik lagi) dan kita akan berikan support terhadap rumah sakit Youwari,”  ujarnya.

Menurut Mathius, pekerjaan kesehatan ini adalah pekerjaan kemanusiaan, atau pekerjaan kasih. Wujud nyata kasih kita kepada sesama. Oleh karena itu, pekerjaan ini harus dihayati dalam konteks itu. Siapapun dia dan agama apapun, pekerjaan ini lebih kepada pekerjaan kemanusiaan, tuturnya.

Ia mengemukakan, pentingnya pelayanan kesehatan secara optimal kepada masyarakat yang diselenggarakan oleh pihak rumah sakit.

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, S.E., M.Si, dalam sambutannya pada acara pencanangan (kick off) Akreditasi RSUD Youwari, Jumat (18/5/2018) pagi di Aula RSUD Youwari, Doyo Baru, Kabupaten Jayapura. (Irfan/HPP)

Kita semua secara khusus para medis yang ada di rumah sakit ini harus merasa bahwa disinilah panggilan Tuhan kepada kita. Keyakinan ini penting karena hidup ini hanya sebentar saja, waktu juga berlalu begitu cepat. Kita ada di posisi apapun dalam pemerintahan baik di Gunung Merah (Kantor Bupati) maupun di rumah sakit ini, maka keyakinan ini yang membuat kita terus bertahan dan terus berjuang untuk melakukan yang terbaik apapun posisi kita, imbuhnya.

Mathius menuturkan, upaya akreditasi ini adalah upaya-upaya untuk memberikan spirit atau apresiasi dari apa yang telah dikerjakan selama ini.

Jadi, penilaian inikan datangnya sewaktu-waktu. Bukan tujuan itu kita untuk bekerja. Namun dari spirit dan semangat kita, pemahaman kita terhadap panggilan dan pekerjaan ini, itulah yang terus memberikan kita spirit, tegasnya.

Lanjut dirinya mengatakan, pentingnya pelayanan secara optimal kepada masyarakat yang diselenggarakan oleh pihak rumah sakit.

Selain itu, Mathius juga mengatakan, pentingnya petugas di rumah sakit bersikap ramah dan memberikan pelayanan sepenuh hati kepada masyarakat atau pasien, karena hal itu memberi pengaruh positif bagi kesembuhan pasien.

Layani dengan senyum dan hati, mereka bisa senang dan cepat sembuh, ujarnya.

Acara pencanangan akreditasi itu ditandai dengan penandatanganan komitmen bersama akreditasi RSUD Youwari. (Irfan  / Koran Harian Pagi Papua)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here