Sekretaris Asprov PSSI Papua, Rocky Bebena. (Geis Muguri /HPP)

 

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Piala Indonesia resmi  digelar pada 8 Mei 2018 di mana Persibo Bojonegoro selaku juara bertahan akan berhadapan dengan Madura United sebagai partai pembuka. Madura United memenangkan laga tersebut melalui drama adu penalty.

Piala Indonesia kali ini diikuti oleh 128 tim yang terdiri dari Liga 1, Liga 2, hingga Liga 3 yang dibagi dalam 16 zona wilayah.PSSI selaku penyelenggara telah melakukan drawing di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Kamis (3/5). Uniknya, klub-klub Liga 1 langsung berhadapan dengan tim Liga 3 di ajang tersebut.

Untuk wilayah Maluku hingga Papua masuk dalam zona 16 yang terdiri dari 8 tim diantaranya, Persipura Jayapura, Perseru Serui,  PSBS Biak, Persintan Intan Jaya, Yahukimo FC, Persewar Waropen, Perseka Kaimana dan Pelauw Putra.

“Pada tanggal 8-15 Mei ini hanya ada 4 pertandingan, dan itu semuanya di selenggarakan di pulau Jawa, kalau untuk babak  sisanya termaksud zona 16 Papua itu nanti baru akan dipertandingkan pada 24 Juni – 3 Agustus,” ujar Sekretaris Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Papua, Rocky Bebena, saat memberikan keterangannya, di ruang kerjanya, Senin (7/5) siang kemarin.

Para punggawa Persipura Jayapura lanjutkan latihan rutin rabu (14/02) pagi tadi di Stadion Mandala. (Foto Syaiful Ahmad Paembonan Facebook / Admin Facebook Grup Persipura Official)

Rocky menjelaskan, dengan adanya waktu luang yang cukup panjang bagi zona 16 agar benar-benar bisa dimanfaatkan bagi tim lain untuk mempersiapkan segalanya.”Jadi untuk Piala Indonesia kita yang ada di Sona 16 saya fikir masih punya waktu panjang. Oleh karena itu kapada peserta Piala Indonesia  supaya memanfaatkan waktu yang masih ada,” kata Rocky.

Pria yang juga menjabat sebagai Sekertaris Umum Persipura Jayapura ini juga mengatakan agar segera berbenah atau menentukan stadion sebagai kandang mereka sendiri.”Seperti pada babak pertama nanti, Yahukimo akan melawan Persipura Jayapura dimana Yahukimo menjadi tuan rumah, oleh karena itu Yahukimo harus menyiapkan stadion yang representatif dan sefty sesui dengan standar kompotisi. Begitupun dengan Perseru dan Intan Jaya, Intan Jaya harus menyiapakan itu semuanya selaku tuan rumah,” ungkap Rocky.

Selain itu, Pria yang juga sebagai mantan wartawan Cenderawasih Pos ini berharap agar Piala Indonesia ini dapat menggairahkan peserta yang lain khusunya yang ada di Sona 16 ini, dimana diketahui bahwa sepak bola ada sebagai ciri khas orang Papua.

Ian Kabes dan Tinus Pae, saat menjalani latihan di lapangan Mandala. ((Foto Facebook Syaiful Ahmad Paembonan‎ /Grup Persipura Official)

Bagi klub yang mengundurkan diri dari Piala Indonesia, dikatakan Rocky bahwa akan ada sanksi tersendiri bagi tim yang mengundurkan diri.”Jadi klub yang mengubdurkan diri akan didenda seperti untuk peserta liga 3 Rp 250 juta, liga 2 Rp 500 juta, liga 1 dendanya 1 miliar,” jelasnya.

Lebih lanjut Rocky menerangka  bahwa dalam kompetisi Piala Indonesia tahun 2018 ada 7 babak yang akan dipertandingkan, diantaranya babak pertama 128 besar, babak kedua 64 beaar, babak ketiga 32 besar, babak 16 besar, babak 8 beaar, babak 4 besar dan babak Final.”Pada babak pertama (128) dan babak kedua (64) menggunakan sistem gugur, sedangkan babak 32  hingga semi final akan mengunakan sistem home-away. Dan untuk sona 16, sebanyak 8 tim ini akan bersaing untuk memperebutkan tiket 16 besar untuk menghadapi pemenang sona 15,” tutup Rocky. (Geis Muguri / Koran Harian Pagi Papua)