Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Jayapura, Djoni Naa, di Kantor Wali Kota Jayapura. (Elsye Sanyi / HPP)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Menghadapi pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2020 di Papua, Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura melalui Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) tengah berupaya untuk menyiapkan pasar kerja kepada masyarakat khususnya para pencari kerja (pencaker) lewat beberapa kegiatan terkait dengan pelatihan keterampilan bagi Orang Asli Papua (OAP), khususnya bagi masyarakat Port Numbay sebagai pemilik hak ulayat di wilayah Kota Jayapura.

“Untuk PON XX mendatang, peluang pasar kerja paling banyak berada di sektor pariwisata, sehingga kami akan mempersiapkan tenaga kerja lokal untuk bekerja di sektor perhotelan, sebagai resepsionis, house keeping, cooking atau juru masak, cleaning service. Karena menjelang PON, semua hotel akan membutuhkan dan menerima tenaga kerja yang lebih banyak, untuk melaksanakan pekerjaan tersebut,” jelas Kepala Disnaker Kota Jayapura, Djoni Naa kepada HPP di Kantor Wali Kota Jayapura, Selasa (8/5/2018).

Selain itu, pihaknya juga telah mempersiapkan tenaga kerja di usaha jasa mobil rental sebagai supir OAP, yang mana akan sangat dibutuhkan pada saat pelaksanaan PON XX tersebut.

“Sehingga tahun ini dan tahun 2019, kami akan mempersiapkan pelatihan keterampilan bagi OAP, untuk menjemput bola dalam menghadapi peluang pasar yang akan berlangsung pada tahun 2020,” tandasnya. (Elsye Sanyi / Koran Harian Pagi Papua)