Habel Melkias Suwae : Sesungguhnya Pemegang Saham di Negara Ini Adalah Rakyat

0
1027
Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Papua, DR. Habel Melkias Suwae, S.Sos, M.M., saat berbicara. (Irfan /HPP)
Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Papua, DR. Habel Melkias Suwae, S.Sos, M.M., saat berbicara. (Irfan /HPP)

SENTANI (LINTAS PAPUA) – Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Papua, DR. Habel Melkias Suwae, S.Sos, M.M., meresmikan Rumah Aspirasi Papua Cerdas (Rapace), di Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Senin (7/5/2018) kemarin siang. Kegiatan ini dihadiri ratusan warga. Terdiri tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda hingga kaum perempuan.

Agenda peresmian Rumah Aspirasi Papua Cerdas ini bertujuan untuk menggerakkan masyarakat untuk sadar akan haknya untuk memilih sekaligus sebagai rumah yang menampung aspirasi masyarakat Papua.

Demikian disampaikan Cawagub Papua, Habel Melkias Suwae, yang berpasangan dengan Calon Gubernur (Cagub) Papua, John Wempi Wetipo (JWW) ini di hadapan masyarakat.

“Sesungguhnya pemegang saham negara itu adalah rakyat. Kemudian sesuai Undang-Undang (UU), pemerintah melaksanakan apa yang di aspirasikan oleh rakyat melalui Undang-Undang yang ditetapkan oleh DPR. Oleh karena itu, dalam proses pembangunan ini perlu melibatkan rakyat, karena pembangunan tanpa partisipasi rakyat pasti juga tidak akan berjalan baik,” kata Mantan Bupati Jayapura dua periode ini.

Masyarakat dan Simpatisan Pendukung JWW – HM S ikut hadir. (Irfan/HPP)

Jika masyarakat Papua mempercayai dan memilih kami pasangan JWW-HMS pada Pilgub Papua 27 Juni 2018 nanti, maka apa yang menjadi aspirasi masyarakat yang disampaikan lewat Rumah Aspirasi Papua Cerdas ini akan menjadi acuan kami dalam menjalankan dan juga mewujudkan program yang mensejahterakan rakyat, tambah pria yang akrab disapa HMS.

HMS yang berpasangan dengan Calon Gubernur Papua John Wempi Wetipo di Pilgub Papua tahun 2018 ini mengemukakan, ada sembilan (9) program Papua Cerdas yang diusung mereka adalah Papua Pintar, Papua Sehat, Papua Pendapatan Pasti, Papua Infrastruktur, Papua Mekar, Papua Damai, Papua Good and Clean Governance dan Perlindungan Orang Asli Papua serta Pemberdayaan Ruang Pemerintah Distrik.

Rumah Aspirasi Papua Cerdas ini dalam rangka pihaknya mendapatkan masukan-masukan dari rakyat, yang sebaiknya menurut mereka untuk membangun Papua lima tahun kedepan itu seperti apa. Dan dalam panduan atau program JWW-HMS, menurutnya, Papua perlu dibangun menjadi Papua yang Cerdas, Damai dan Berdikari dalam memenuhi kebutuhan dasar.


“Tentunya dalam hal ini ada sembilan (9) program Papua Cerdas itu. Kemudian misalnya dari sisi program kalalu ada yang merasa kurang, ya mereka bisa masukkan aspirasinya. Mungkin juga ada item-item dari program itu yang dianggap perlu ditambah, ya kita harus tambah, tuturnya.

Dengan demikian, apa yang telah kami tawarkan itu bisa dikolaborasikan dengan apa yang rakyat mau atau inginkan, sehingga menjadi satu pikiran bersama untuk kita melangkah kedepan. Karena rakyat merasa mereka juga ikut terlibat di dalam menetapkan program-program pembangunan untuk lima tahun kedepan, tutup HMS yang juga Ketua DPW Partai Perindo Papua ini.

Sementara itu, salah seorang Tokoh Adat di Kabupaten Jayapura, John Suebu mengatakan, sosok John Wempi Wetipo dan Habel Melkias Suwae adalah figur pasangan yang mumpuni dan cerdas untuk memimpin Papua ke depan.

Aspirasi atau keinginan masyarakat yang masuk ke rumah aspirasi ini adalah harapan mereka untuk menyampaikan sesuatu itu merupakan aspirasi murni rakyat dan hanya orang-orang cerdas saja yang bisa menjawabnya. Jika kita ingin bangkit, mandiri dan sejahtera, maka pilih orang cerdas. Kalau orangnya tidak cerdas, otomatis tidak akan bangkit dan dia akan tidur terus, kata John Suebu yang juga Ondofolo Kampung Ifale.

Suasana Peresmian Rumah Aspirasi Papua Cerdas (Rapace). (Irfan HPP)

Menurutnya, Papua memerlukan orang cerdas, karena dari kecerdasan itu baru bisa melihat sesuatu dan mencapainya. Hanya dengan orang cerdas yang bisa naik ke bulan, bahkan ke planet Mars.

 

“Kalau orang tidak cerdas, maka tidak akan bangkit, mandiri dan sejahtera. Papua memerlukan orang yang cerdas, karena selama ini kita sudah di bodohi dengan segala omong kosong, tuturnya.

Ia berharap, agar ke depan JWW-HMS bisa menjadi pemimpin Papua yang amanah dan memperhatikan nasib rakyat kecil. Perbaikan sejumlah sektor juga diharapkan khususnya di bidang kesehatan dan pendidikan.

Tentu masyarakat berharap agar pemimpin Papua ke depan bisa meningkatkan perekonomian Papua, mensejahterakan masyarakat, dan semakin memudahkan pelayanan-pelayanan dasar seperti pendidikan dan juga kesehatan, harapnya dengan nada tegas.

“Jadi, kita membutuhkan bapak JWW-HMS yang disingkat menjadi JOSUA. Karena hanya dengan JOSUA yang masuk ke Kanaan. Nomor 1 adalah Moses atau Musa itu tidak masuk, dan dia hanya lihat Kanaan saja. Tetapi, nomor dua JOSUA yang membawa Bangsa Israel untuk masuk ke Kanaan, atau masuk ke tempat yang penuh susu dan madu,” tukasnya.

John Wempi Wetipo-Habel Melkias Suwae (JOSUA) merupakan paslon dengan nomor urut 2 di Pilkada Papua 2018 ini. Pasangan ini diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Gerindra dan Partai Perindo (non sheet).

John Wempi Wetipo merupakan Bupati Jayawijaya untuk dua periode, dan Habel Melkias Suwae juga merupakan Bupati Jayapura dua periode serta pernah menjabat sebagai Ketua DPRD Kabupaten Jayapura.

Sebagai Paslon yang mengusung tagline Papua Cerdas, Damai dan Berdikari dalam memenuhi kebutuhan dasarnya mengusung sejumlah program pembangunan yang ditujukan untuk masyarakat dari semua lapisan. Khususnya, masyarakat Papua dari lapisan yang belum terberdayakan.

Ada sembilan (9) Program Papua Cerdas, yakni Papua Pintar, Papua Sehat, Papua Pendapatan Pasti, Papua Infrastruktur, Papua Mekar, Papua Damai, Papua Good and Clean Givernance, Perlindungan Orang Asli Papua dan Pemberdayaan Ruang Pemerintah Distrik. (Irfan / HPP)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here