Keberhasilan Dipaparkan, Wali Kota BTM  Sampaikan LPJ 2017  Pada Paripurna Istimewa DPRD

0
1023
Wali Kota Jayapura, DR. Benhur Tomi Mano, MM dan Wakil Wali Kota, Ir. H. Rustan Saru, MM., keduanya siap melayani masyarakat dengan visi Terwujudnya Kota Jayapura yang beriman, bersatu, sejahtera, mandiri dan modern berbasis kearifan lokal. (Istimewa)
Usai Sidang, Selanjutnya Wali Kota Jayapura menyerahkan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Walikota Jayapura Tahun Anggaran 2017. kepada Ketua DPRD kota Jayapura. (Fransisca)

JAYAPURA   LINTAS PAPUA) –  Pembukaan Rapat Paripurna Istimewa Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Jayapura Masa Persidangan I Dengan Agenda Penyampaian Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Walikota Jayapura Tahun Anggaran 2017. Kegiatan dipimpin oleh Abisai Rollo, SH (Ketua DPRD Kota Jayapura), Senin (23/4/2018).

Mengawali sidang dengan sambutan Ketua DPRD Kota Jayapura, Abisai Rollo, SH, mengatakan bahwa DPRD merupakan institusi politik dalam negara berdasarkan Undang-undang RI Nomor 17 tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD yang mendapatkan amanat Rakyat dan Negara untuk melakukan pengawalan dan Pengawasan dalam sistem dan mekanisme penyelenggaraan pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan daerah.

Wali Kota Jayapura, DR. Benhur Tomi Mano, MM dan Wakil Wali Kota, Ir. H. Rustan Saru, MM., keduanya siap melayani masyarakat dengan visi Terwujudnya Kota Jayapura yang beriman, bersatu, sejahtera, mandiri dan modern berbasis kearifan lokal. (Istimewa)

“Laporan Pertanggungjawaban Wali Kota Jayapura merupakan wujud pertanggungjawaban dalam pelaksanaan kegiatan dalam kurun waktu tahun 2017. Atas nama Pimpinan Dewan kami himbau kepada segenap masyarakat Kota Jayapura untuk tetap menjaga kebersamaan untuk menciptakan kondisi Kota Jayapura yang aman dan nyaman serta terkendali sebagai rumah doa kita bersama Istanah kita bersama dan Honai kita bersama,” ujar Ketua DPRD Kota Jayapura, Abisai Rollo, SH.

Dikatakan, bahwa  dalam pelaksanaan pemilihan kepala daerah Gubernur Papua dan Wakil Gubernur Provinsi Papua Tahun 2018 dan hindarilah hal-hal yang mengarah kepada perbedaan suku, ras, agama dan golongan yang pada akhirnya akan melahirkan konflik bersifat anarkis.

Wali Kota Jayapura, DR. Benhur Tomi Mano, MM., bersama Wakil Wali Kota Jayapura, Ir. H. Rustan Saru, MM., selalu mengajak ASN untuk bekerja melayani masyarakat secara baik serta terus menata ASN untuk lebih meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.
(Eveerth Joumilena /Koran Harian Pagi Papua)

“Karena yang demikian  yang dapat mengganggu stabilitas keamanan di Kota Jayapura yang kita cintai bersama dan mari kita tunjukkan di bumi pertiwi Republik Indonesia ini bahwa Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Papua di Kota Jayapura yang merupakan barometer ibukota Provinsi Papua berjalan aman, damai sukses serta bermartabat secara demokratis dan berintegritas dengan menjunjung tinggi azas langsung umum bebas dan rahasia, maupun jurdil untuk memilih Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Papua yang amanah,” kata Abisai

Sementara itu, Laporan Pertanggungjawaban Wali Kota Jayapura Akhir Tahun Anggaran 2017, Wali Kota Jayapura, DR. Drs. Benhur Tomi Mano, MM mengungkapkan, bahwa Bidang Melalui peningkatan mutu kualitas Bidang kesehatan, tata ruang, transportasi, perumahan, keuangan, dan semua aspek pelayanan bagi masyarakat kota Jayapura

“Kesehatan di Puskesmas dengan pelayanan 1 x 24 Jam diharapkan mampu melayani masyarakat secara utuh,” katanya.

WaliKota dan Wakil Wali Kota bersama pimpinan dewan, saat berada di pelabuhan Jayapura. (Elsye Sanyi /Koran Harian Pagi Papua)

“Bidang penataan umum dan ruang dimana kegiatan ini bertujuan mendukung pelayanan publik dalam memperlancar proses ketersediaannya bahan pokok dan alat transportasi,” jelasnya.

Ditambahkan , bahwa perumahan rakyat dan pemukiman dimana selama kurun waktu 2017 dimana satuan kepolisian pamong Praja dan dinas terkait dengan membangun serta peningkatan pencegahan dini bahaya kebakaran.

Wali Kota Jayapura, DR. Benhur Tomi Mano, MM., bersama Muspida Kota Jayapura saat mengikuti ibadah perayaan HUT ke-108 Kota Jayapura dan Pekabaran Injil di Tanah Tabi, di GOR Cenderawasih Jayapura. (Elsye Sanyi /HPP)

“Keuangan kebijakan dikekola oleh badan aset daerah, dengan meningkatkan program peningkatan sistem pengelolaan aset dan peningkatan aparatur pengawasan,” paparnya.

Disampaikan, bahwa kebijakan dalam perlindungan anak dan KB diutamakan dalam pelayanan kontrasepsi dan guna meningkatkan kesejahteraan di keluarga.

Bidang perhubungan ditingkatkan dalam membantu proses pelaksanaan penyebaran logistik baik di wilayah daerah maupun kabupaten dengan meningkatkan kelayakan kendaraan bermotor. Kebijakan pembangunan pelestarian lingkungan hidup guna menjadikan ruang terbuka hijau sehingga pada tahun 2017 Pemerintah Kota Jayapura memperoleh 5 kali penghargaan Adipura.

Pengelolaan Dinas penduduk dan Pencatatan sipil di dinas dukcapil. dan Kebijakan pertanahan dengan program sistem kesertifikatan tanah.

Sosial membangun 7 program diarahkan untuk pemberdayaan fakir miskin. Dan peningkatan tenaga kerja serta pemberdayaan pariwisata dilaksanakan oleh dinas pariwisata melalui pengelolaan budaya seperti pesta budaya port Numbay dan teluk humbolt.

 

Bidang pembinaan pemuda dan olahraga serta perlindungan umum dan Perlindungan kepada masyarakat dengan pembekalan wawasan kebangsaan dan peningkatan pengawasan.

 

Berbagai keberhasilan yang kita capai masih tetap ada kekurangan sehingga tidak ada yang luput dari kesalahan dan itu semuanya atas pertolongan dari Tuhan Yang Maha Kuasa.

“Sehingga mari bersatu membangun Kota Jayapura dengan bersama-sama guna mewujudkan kemajuan kota kita bersama, dan ucapan terima kasih atas kunjungan Presiden RI bersama ibu dalam rangka mengunjungi Kota Jayapura di Pasar Mama-mama Papua dan di Jembatan Holtekam,” jelasnya menutup pembicaraan.

Selanjutnya Wali Kota Jayapura menyerahkan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Walikota Jayapura Tahun Anggaran 2017. kepada Ketua DPRD kota Jayapura. (Fransisca)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here