DPT Kota Jayapura Untuk Pilgub Papua Capai 297.601 Pemilih

0
1616
Ketua dan Anggota KPU Kota Jayapura , saat foto bersama kedua perwakilan tim sukses, usai penetapan DPT Kota Jayapura bagi pelaksanaan PILGUB Papua 2018. (ISTIMEWA)
Ketua dan Anggota KPU Kota Jayapura , saat foto bersama kedua perwakilan tim sukses, usai penetapan DPT Kota Jayapura bagi pelaksanaan PILGUB Papua 2018. (ISTIMEWA)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Komisi Pemilihan Umum Kota Jayapura telah melaksanakan Rapat Pleno terbuka rekapitulasi daftar pemilih tetap ( DPT ) Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Papua tahun 2018 menetapkan jumlah pemilih sebanyak 297.601 orang.

 

“Rekapitulasi tetap daftar pemilih tetap di kota Jayapura dengan jumlah pemilih sebanyak 297.601 orang yang terdiri dari laki – laki sebanyak 157922 pemilih dan Perempuan sebanyak 139679 pemilih,” ujar Ketua KPU Kota Jayapura, Henock Merahabia, SH., saat dikonfirmasi, Jumat (20/4/2018).

Dikatakan, penetapan ini sesuai dengan rincian pada formulir model A. 3 – KWK sebagaimana terlampir. Demikian berita acara ini di buat dalam rangkap 6 dan di tanda tangani oleh ketua dan anggota Komisi Pemilihan Umum Kota Jayapura.

“DPT ini telah  ditetapkan di Jayapura pada Kamis (19/4/2018). Tertanda dan cap anggota KPU Kota Jayapura. Cap KPU Kota Jayapura,” jelasnya.

 

Henock Merahabia memberikan apresiasi dan terimah kasih yang setinggi- tingginya kepada teman – teman Panitia Pemilihan Distrik dari lima ditrik yang ada dan juga Panwas yang selalu mendampingi kami yang selalu memberikan masukan dan saran.

“Tahapan ini sunggu sangat melelahkan sampai ibu / bapak meluangkan waktu meninggalkan keluarga sampai pagi bersama staf disini dan komisioner sunggu sangat luar biasa karya dan pengabdian bapak ibu,” tuturnya berterimakasih.

Panwaslu Kota Jayapura bersama kedua perwakilan tim sukses yang hadir. (ISTIMEWA)

Diakui,  adanya situasi pada saat jaringan terputus, namun masih bersama dengan kami dan operator dampingi oleh pak Cipto yang berangkat tanggal 15 April Kejakarta dan baru tiba kemarin.

“Hasil yang kita capai hari ini di dalam rapat pleno terbuka ini. Namun ada beberapa hal yang menjadi catatan khusus untuk KPU Kota dan hal ini kami akan sampaikan pada rapat pleno terbuka di tingkat Provinsi yang akan dilaksanakan pada tanggal 20 – 21 April besok di Hotel Aston,” ungkapnya.

Diberikan catatan, bahwa masih ada tahapan berikutnya kalo ada warga yang belum terdaftar maka dia akan masuk dalam daftar pemilih tambahan nanti.

Ketua KPU Kota Jayapura, Henock Merahabia, saat menyerahkan berkas DPT kepada kedua tim sukses yang hadir usai penetapan DPT (ISTIMEWA)

Sementara itu, Divisi Pengawasan, Hubungan antar Lembaga dan SDM Komisioner Panwaslu Kota Jayapura,  Rinto Pakpahan mengatakan,  bahwa mekanisme Pleno Penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) tingkat KPU Kota Jayapura tidak sama/berbeda dengan Pleno yang dilakukan pada tingkat PPD dan PPS, sehingga hal itu kurang administrative, karena data pemilih yang dihasilkan tidak sama.

“Meminta kepada KPU Kota Jayapura agar mengklarifikasi Hasil Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kota Jayapura, sehingga Data Pemilih yang ditetapkan tidak terjadi kesalahan,” tuturnya.

Sementara itu,  Divisi Data, Logistik dan Keuangan Komisioner KPU Kota Jayapura,  Tjipto Wibowo, S.Pd, M.Si menuturkan, bahwa  Pleno Penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) KPU Kota Jayapura menggunakan Data Sidalih (Sistem Data Pemilih) karena Data Eror dan Data Ganda sudah dibersihkan, sehingga mengalami perbedaan data dengan Hasil Pleno tingkat PPD.

“Hasil Rekapitulasi Penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) KPU Kota Jayapura sudah dimasukkan dalam Data Sidalih (Sistem Data Pemilih),” jelasnya.

Disampaikan, bahwa pihaknya akan memberikan salinan Hasil Rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap (DPT) KPU Kota Jayapura kepada Tim Sukses dari masing-masing Pasangan Calon dan Panwaslu Kota Jayapura sehingga dapat disinkronkan.

Dalam kesempatan tersebut hadir Sekretaris KPU Kota Jayapura dan  kelima anggota KPU Kota Jayapura, yakni Henock Merahabia, SH., Tjipto Wibowo, S.Pd, M.Si., Octovianus  Injama, SH, MH., Matias Kutumun, SH., Dra. Grace Dina Ursia, serta di hadiri Panwaslu Kota Jayapura dan PPD serta Panwas Distrik yang juga dikawal petugas kepolisian Polresta Jayapura.  (Eveerth Joumilena)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here