RSUD Jayapura Terima Penghargaan Pelayanan TBC

0
609
RSUD Dok II Jayapura. (ISTIMEWA)
RSUD DOK II JAYAPURA. (ISTIMEWA)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA)  – Kementerian Kesehatan RI memberikam penghargaan kepada RSUD Jayapura dan RSUD Kabupaten Nabire terkait pelayanan terbaik penyakit tuberkulosis (TBC).

“Kami sudah usulkan sejumlah RSUD, para kader terbaik dan seluruh puskesmas di Papua ke Kementerian Kesehatan untuk dinilai dan kemudian mendapat penghargaan TB, namun hanya dua rumah sakit ini yang dipilih,” kata Kepala Seksi TB dan malaria Dinas Kesehatan Provinsi Papua, Marthen Robaha, Minggu (25/3/2018).

 

Menurut Marthen tidak mudah meraih penghargaan tersebut, karena ada sejumlah kriteria yang dinilai oleh Kementerian Kesehatan sebelum diputuskan keluar sebagai juara dan diberi penghargaan.

“Kriteria untuk rumah sakit diantaranya melaporkan kasus TB terbanyak yang terdaftar di puskesmas setempat pada sistem informasi tuberkulosis terpadu (SITT) dan/ETB manager periode Januari sampai Desember 2017 dengan melampirkan print out/screenshot tampilan data yang terlapor pada SITT/e-TB manager,” bebernya.

 

 

Dijelaskan Marthen,  kedua rumah sakit itu dinilai lulus dari sejumlah kriteria yang ditentukan dan melakukan pelayanan serta penanganan terhadap pasien penyakit TB terbaik secara nasional.

 

“Pihak Kementerian Kesehatan sendiri sudah menyerahkan penghargaan itu ke pimpinan dua rumah sakit tersebut di Tugu Monas Jakarta pada Sabtu (24/3) bertepatan dengan hari perayaan hari TB sedunia. Dan penghargaan itu akan kembali diserahkan secara simbolis oleh Dinkes Papua kepada dua pimpinan rumah sakit itu di RSUD Jayapura pada Senin besok (hari ini),”katanya. (Lea/ab/Koran Harian Pagi Papua)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here