Musabaqah Tilawatil Qur’an Kab. Jayapura  Siap Digelar di Ponpes Tarbiyatus Sibiyan

0
430
Pelaksanaan MTQ akan digelar selama tiga hari mulai tanggal 30 Maret hingga 1 April 2018 bertempat di Pondok Pesantren (Ponpes) Tarbiyatus Sibiyan, Distrik Waibhu, Kabupaten Jayapura. (Irfan . HPP)

SENTANI (LINTAS  PAPUA) – Pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Kabupaten Jayapura ke-XXVII siap digelar di Pondok Pesantren (Ponpes) Tarbiyatus Sibiyan pada Jumat (30/3/2018).

Pelaksanaan MTQ akan digelar selama tiga hari mulai tanggal 30 Maret hingga 1 April 2018 bertempat di Pondok Pesantren (Ponpes) Tarbiyatus Sibiyan, Distrik Waibhu, Kabupaten Jayapura.

Berdasarkan informasi yang diterima Harian Pagi Papua persiapan gelaran akbar di Bumi Khenambay Umbay ini sudah hampir 100 persen siap. Bahkan panggung utama sudah siap berdiri, persiapan seluruh kafilah juga selesai serta dewan juri.

Ketua Panitia Pelaksana MTQ XXVII, H. Muhammad Amin membenarkan bahwa persiapan sudah hampir rampung.

“Ini rapat penentuan jadwal pelaksanaan MTQ ke-XXVII tingkat Kabupaten Jayapura, yang In Sha Allah akan dilaksanakan pada tanggal 30 Maret sampai tanggal 1 April 2018 dan bertempat di Pondok Pesantren Tarbiyatus Sibiyan di Distrik Waibhu,” ujar pria yang juga Anggota DPRD Kabupaten Jayapura, ketika dikonfirmasi wartawan termasuk Harian Pagi Papua usai kegiatan rapat, di Aula Lantai I Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Selasa (20/3/2018) sore.

 

Menurutnya, jumlah seluruh peserta yang berasal dari distrik itu berjumlah sembilan (9) distrik yang sudah siap untuk mengikuti MTQ XXVII ini.

“Pesertanya ada sembilan (9) distrik dari 19 Distrik yang ada di Kabupaten Jayapura,” tuturnya.

Adapun cabang musabaqah yang akan dilombakan ada enam yaitu fahmil qur’an, tilawatil qur’an, syahril qur’an (cerdas cermat), kaligrafi, tahfiz dan makalah ilmiah

Pada pembukaan acara MTQ ke-XXVII ini akan dibuka secara resmi oleh Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, S.E, M.Si, didampingi Wakil Bupati Jayapura Giri Wijayantoro dan akan dihadiri unsur Forkompimda Kabupaten Jayapura.

“Rapat penentuan jadwal pelaksanaan MTQ ini membahas koordinasi antar seksie, yang nanti membidangi tupoksinya masing-masing dalam kegiatan MTQ tersebut. Jadi, ada beberapa seksie yang kita bentuk dan kita memastikan setiap anggotanya. Syaa juga sudah memberikan tupoksi kepada mereka untuk bekerja semaksimal mungkin,” lanjut pria yang juga menjabat Wakil Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Jayapura.

“Harapan kami, tentu sangat besar sekali karena waktu pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi Papua tahun 2016 lalu itu Kabupaten Jayapura keluar sebagai juara umum. Dan, hal itu perlu kita pertahankan pada pelaksanaan MTQ nanti di Nabire pada 1 hingga 7 Mei 2018. Tapi, lebih dari itu dapat terciptanya suasana yang aman dan damai di Kabupaten Jayapura,” tukasnya.

Rapat penentuan jadwal pelaksanaan MTQ XXVII tingkat Kabupaten Jayapura ini dipimpin oleh Ketua LPTQ Kabupaten Jayapura Abdul Rahman Basri, S.Sos, M.KP, juga dihadiri Sekretaris LPTQ Kabupaten Jayapura Hj. Ani matdoan, S.Ag, M.M, dan seluruh coordinator maupun anggota di masing-masing seksi yang ada dalam panitia pelaksana MTQ XXVII tingkat Kabupaten Jayapura tahun 2018. (Irfan  / Harian Pagi Papua)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here