Pengunduran Diri Jimmy Yoku Dinilai Bertentangan Dengan Organisasi KNPI

0
733
Mantan Ketua DPD KNPI Kabupaten Jayapura, Izak R. Hikoyabi. Ketua OKP Trikora yang juga mantan Ketua MPI Kabupaten Jayapura, Jimmy Yoku. (Irfan/HPP)
Mantan Ketua DPD KNPI Kabupaten Jayapura, Izak R. Hikoyabi. Ketua OKP Trikora yang juga mantan Ketua MPI Kabupaten Jayapura, Jimmy Yoku. (Irfan/HPP)

Jimmy Yoku : Yang Berhak Bicara Atas Pengunduran Diri Saya Adalah Ketua Plt Ketua DPD KNPI Kabupaten Jayapura Versi KLB

SENTANI (LINTAS PAPUA)  – Pengunduran diri Jimmy Yoku dari Ketua Majelis Pemuda Indonesia (MPI) Kabupaten Jayapura versi KLB dinilai telah melecehkan organisasi KNPI.

Demikian diungkapkan Mantan Ketua DPD KNPI Kabupaten Jayapura, Izak R. Hikoyabi kepada wartawan, di Kota Sentani, Kabupaten Jayapura, Kamis (3/15/18).

Menurut Izak, karena ada dua Kepengurusan KNPI yaitu DPD dan MPI dimana itu adalah satu kesatuan dalam surat keputusan yang tidak terpisahkan.

“Ketika terjadi Musda, terbentuklah pengurus DPD KNPI terbentuk pula ketua MPI dan anggotanya. Tetapi yang terjadi berbeda karena, pengunduran diri Jimmy Yoku hanya diketahui oleh pengurus MPI, sehingga kami menilai ini tidak sesuai dengan prosedur atau AD/RT organisasi,” bebernya.

Isak mengatakan, seharusnya saat Jimmy Yoku mengundurkan diri, menyerahkan surat pengunduran dirinya kepada ketua DPD KNPI baru DPD yang mengurus tentang pengunduran diri tersebut.

“Kalau seperti ini kan tidak sesuai. Ini namanya membuat kacau organisasi sehingga saya selaku mantan ketua DPD KNPI menyampaikan kepada pengurus terutama Plt Ketua DPD KNPI untuk segera memberhentikan Jimmy Yoku secara hormat dari Ketua MPI Kabupaten Jayapura,”ujarnya.

“Dan ini tegas saya sampaikan kepada seluruh pemuda agar tidak main-main dengan organisasi KNPI,”sambungnya.

Disebutkan Isak, jika organisasi tidak dihormarti, maka  organisasi hanya akan dipermainkan.
“Sehingga disini saya harus pertegas karena KNPI tidak mengenal hal seperti itu,” tukasnya.

Saat dikonfirmasi secara terpisah, mantan Ketua MPI Kabupaten Jayapura, Jimmy Yoku mengucapkan terimakasih kepada mantan Ketua DPD KNPI, Isak Hikoyabi atas komentar tentang pengunduran dirinya.
“Tetapi yang berhak bicara atas pengunduran diri saya adalah Plt Ketua DPD KNPI saat ini yaitu, Bung Ted Suebu,”sebutnya.

Sebab kata Jimmy, saat ini Bung Isak Hikoyabi tidak lagi menjabat sebagai Ketua DPD, tapi mantan ketua.
“Oleh karena itu, disini saya mempertanyakan apa kapasitas Bung Izak hingga mengomentari pengunduran diri saya. Kan dia sudah mengundurkan jadi tidak berhak untuk membuat statmen seperti itu,” katanya.

 


Menurut Jimmy, proses pengunduran dirinya merupakan hal yang biasa dalam organisasi apalagi berkaitan dengan administrasi sehingga tidak perlu dipersoalkan.

“Karena Inti pengunduran diri saya untuk kepentingan besar pemuda. Agar, kita dapat menyatukan dua versi KNPI di Kabupaten Jayapura,” tegasnya.

“Maka itu, tidak usah dibesar-besarkan, karena ini bukan tentang KNPI yang mau dibilang satu saja dan bukan soal pengakuan pemerintah ataupun siapa-siapa tapi ini soal kepastian tentang pembinaan pemuda kedepan yang sangat penting di Kabupaten Jayapura,” jelas Jimmy menambahkan.

Jimmy juga menyebutkan, alasan pengunduran dirinya agar dapat berdiri netral tanpa berpihak ke Versi KLB ataupun Kongres Papua.

“Karena banyak pihak yang merindukan penyatuan KNPI termasuk pemerintah yang mana berdiri netral dan terus memberikan perhatian agar ada penyatuan KNPI kabupaten Jayapura sehingga melihat hal ini, saya mengambil langkah karena kalau bukan kita sendiri, siapa lagi,”cetusnya.

Jimmy berharap, pengunduran dirinya tidak perlu lagi dibesar-besarkan sebab dirinya melakukan itu semua untuk kepentingan semua pemuda bukan kepentingan pribadi.

“Supaya KNPI ini benar-benar menjadi organisasi yang mempersatukan bukan mengkotak-kotakan pemuda. Itu yang saya mau dan saya harap, ttidak usahlah mempersoalkan pengunduran diri saya,” tukasnya. (Irfan / Koran Harian Pagi Papua)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here