Polres Jayawijaya Deklarasikan Lawan Hoax

0
630

 

Mahasiswa Berharap Polisi Tegas Menindak Berita Hoax

WAMENA (LINTAS PAPUA) –   Menindaklanjuti Perintah Bapak Presiden dan Kapolri dalam rangka melawan Pemberiataan Hoax, Polres Jayawijaya bersama komponen instansi dan Muspida yang ada di Jayawijaya menggelar Deklarasi Anti Hoax.

Kegiatan Deklarasi Anti Hoax tersebut dilaksankan, Rabu (13/3/2018) dihalaman Mako Polres Jayawijaya yang di pimpin langsung oleh Kapolres Jayawijaya, AKBP Yan Pieter Reba, SE.M.Si.

Kapolres Jayawijaya, AKBP Yan Pieter Reba,SE, M.Si menuturkan, bahwa  kegiatan Deklarasi anti Hoax kali ini merupakan kegiatan serentak dalam rangka menindaklanjuti perintah Presiden RI yang didukung oleh semua komponen masyarakat dalam mengantisipasi berita hoax yang beredar pada tahapan Pilkada, Pilgub, Pileg dan Pilpres.

Menurutnya, pihak polisi tidak akan segan-segan menindak tegas perilagu anti Hoax di Kabupaten Jayawijaya, dan jika ada temuan maka nantinya tim yang akan bergerak dan akan menindaklanjutinya ialah Tim Cibertrap dari kepolisian RI.

“Tadi malam ada temuan satu dan saya sudah perintahkan kast Reskrim untuk proses dan ditangani, karena ada perasaan tidak enak akibat saling caci maki dalam HP,” kata Reba.

Dijelaskan, pihak kepolisian selalu siap menerima laporan terkait pemberiataan hoax ataupun segala sesuatu yang merugikan pihak lain dan masyarakat.

“Jika ada yang dirugikan baik itu memlalui pesan singkat ataupun sosial media yang bersifat merugikan pihak lain, kami akan siap menindaklanjutinya,” kata Kapolres Jayawijaya.
Untuk sarana pelayanan dan nomor pengaduan, Kata Kapolres, pihaknya masih merancanagny, dengan tujuan agar setiap laporan dan pengaduan dapat tersalurkan dengan baik dan tentunya dapat ditindaklanjuti dengan segera.

Sementara itu, Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Stisip Amal Ilmiah Yapis Wamena, Ajie Widi Kusumajaya, sangat mendukung penuh kegiatan Polisi RI dalam hal ini Kepolisian Polres Jayawijaya yang telah mendeklarasikan Anti Hoax di Kabupaten Jayawijaya.

Dirinya berharap, polisi Polres Jayawijaya dapat melakukan sosialisasi terkait anti Hoax yang sudah diberlakukan di Jayawijaya dan juga bagaiman tentang cara tindakannya dilapangan jika ditemukan adanya kegiatan serta informasi yang berbau Hoax.

Dirinya juga berpesan kepada Generasi muda yang ada di Jayawijaya untuk berani menolak setiap informasi dan pemberitaan yang Hoax.

Dirinya menilai, pemberitaan dan informasi yang hoax dapat merusak tatanan kehidupan berbangsa yang baik di Jayawijaya serta dapat menimbulkan keresahan, selain itu pemberitaan hoax bukanlah Edukasi yang baik terhadap masyarakat.(ema)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here