Pjs. Gubernur Papua dan Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda, saat memberikan keterangan pers. (Fransisca/LintasPapua)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) –  Pejabat Sementara (Pjs) Gubernur Provinsi Papua, Soedarmono mengharapkan, masyarakat Papua mengetahui dan merasa memiliki serta mendukung agenda  kegiatan PON XX 2020.

Hal ini disampaikan saat mengadakan cofee Morning dan jumpa Pers dì cafe Humbolt Jayapura, Kamis (14/3/2018) di hadiri seluruh pimpinan OPD di lingkungan pemerintah Provinsi Papua,Guna menyampaikan kesiapan penyelengaraan PON 2020 di Provinsi Papua.

 

“Penunjukan Papua sebagai menyampaikan tempat penyelengaraan PON XX 2020 dan pekan Paralimpik nasional ke 16 tahun 2020 dilaksanakan di Provinsi Papua, kami menyampaikan dukungan INPRES NO.10 tahun 2017 kita tindaklanjuti, dan menyampaikan kepada masyarakat Papua, agar bersama sama mempersiapkan, mendukung, dan menyelengarakan,”  ujar

Dijelaskan, Beberapa venue Sudah siap 70% pembangunannya. Ketua KONI menyiapkan atlit, sesuai INPRES ditetapkan 38 cabang olahraga berkompetisi dan 7 cabang olahraga hasil eksebisi Jawa barat.

Diharapankan, kegiatan ini meningkatkan Harkat dan martabat Papua, Lima Kabupaten satu kota menyiapkan venue.

“Kami harapkan masyarakat mengetahui tentang provinsi Papua di tunjuk sebagai penyelengara PON 2020 milik masyarakat Papua, merupakan kebangaan Papua.”katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas  Olahraga dan Pemuda Provinsi Papua, Yusuf Yambeyabdi menjelaskan,  kesiapan seluruh kegiatan telah dikoordinasikan berkaitan dengan PON 2020 pada tahun 2020.

“Kami Sudah melakukan koordinasi, ada empat venue di biayai Oleh pemerintah Papua dan PU yaitu venue Bidang olahraga senam, aquatik, kolam renang, hoki, kriket. Sertifikat menjadi masalah yang menganjal, masih di selesaikan, sebelum kegiatan PON Sudah harus clear masalahnya. TNI, Polri, mendukung keamanan juga akomodasi,” katanya.

Diakui, bahwa semua pihak sudah melakukan banyak persiapan, Mendagri, kementrian perhubungan, KONI Papua. (Fransisca /LintasPapua.com)