Bupati Sikapi Dua Kubu KNPI Kab. Jayapura, Pemuda Diharapkan Dukung Program Pemerintah

0
482
Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, ketika menerima bunga Valentine Day dari KNPI Distrik Sentani, Rabu (14/2/18) siang. (Irfan / Koran Harian Pagi Papua)
Ilustrasi BUpati Mathius Awoitauw, saat foto bersama Pengurus KNPI Distrik Sentani, dalam sebuah kegiatan Valentine Day bulan Februari lalu. (ISTIMEWA)

SENTANI (LINTAS PAPUA) – Adanya niatan dari sejumlah elemen pemuda yang tergabung dalam dualisme kepengurusan KNPI di Kabupaten Jayapura ini yang akan melakukan rekonsiliasi kepengurusan KNPI untuk kembali bersatu.

Demikian pernyataan sejumlah tokoh intelektual muda ketika menyampaikan ide mereka saat menemui Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si, belum lama ini di Kediamannya, di Jalan Dunlop, Kota Sentani, Kabupaten Jayapura.

Bupati Mathius mengatakan, sebagai organisasi kepemudaan, dirinya sempat menanyakan perihal penyatuan dua kubu tersebut, dan seharusnya pemuda yang tergabung dalam wadah KNPI itu ikut mendukung program pemerintah yang dilakukan di tengah-tengah masyarakat.

Termasuk mereka harus hadir dalam kegiatan yang dilakukan oleh pemerintah seperti Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RPJMD 2017-2022.

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, ketika menerima bunga Valentine Day dari KNPI Distrik Sentani, Rabu (14/2/18) siang. (Irfan / Koran Harian Pagi Papua)

“Kehadiran mereka (pemuda) untuk memberikan dukungan terhadap apa yang terbaik bagi pemuda di daerah ini. Jadi, artinya mereka harus mendukung program pemerintah dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat,” kata Bupati Mathius ketika ditanya wartawan terkait ide penyatuan dua kubu KNPI dari sejumlah tokoh intelektual pemuda yang diutarakan saat menemuinya, di Kediamannya belum lama ini.

Bupati Mathius juga berharap, pemuda yang tergabung dalam KNPI mampu bersinergi bersama pemerintah dalam memajukan Bumi Khenambay Umbay kearah yang lebih baik.

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si, Irfan /Koran Harian Pagi Papua)

“Jadi, artinya mereka harus bersinergi dengan program pemerintah. Mereka sudah temui saya, juga saya sampaikan kepada mereka bahwa pemerintah tidak bisa intervensi organisasi pemuda dan mereka harus hadir dalam kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh pemerintah seperti Musrenbang,” ungkap Mathius .

Sementara itu, salah satu perwakilan tokoh intelektual pemuda, Jimmy Yoku ketika dikonfirmasi wartawan usai bertemu dengan Bupati Jayapura itu mengatakan, pihaknya berencana melakukan rekonsiliasi penyatuan dua kubu KNPI di Kabupaten Jayapura yang akan dilakukan dalam waktu dekat ini.

“Kami telah menemui pak Bupati, untuk sampikan rencana rekonsiliasi penyatuan dua kubu KNPI ini. Jadi, penyatuan dua kubu ini sudah menjadi impian semua pemuda yang ada di daerah ini. Namun sampai saat ini belum ada yang mau menggerakkan rencana penyatuan dua kubu KNPI tersebut,” tegas Jimmy Yoku yang saat itu masih menjabat sebagai Ketua MPI Kabupaten Jayapura.

Pihaknya melihat sangat penting untuk penyamaan persepsi di kalangan pemuda, agar semua organisasi kepemudaaan (OKP) yang bernaung di bawah KNPI itu juga jelas arah tujuannya.

“Kita sebagai pemuda juga punya beban moral terhadap masyarakat serta pemerintah daerah. Tapi, juga bagi generasi muda lainnya yang belum berhimpun di bawah KNPI, sehingga apapun hasilnya atau bentuknya nanti rekonsiliasi ini harus kita laksanakan demi pembangunan generasi muda di daerah ini,” tandasnya. (Irfan  / Koran Harian Pagi Papua)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here