Pemprov  Papua  Terbitkan Ijin Cuti Kampanye Bagi Kepala Daerah

0
275
Sekda Papua
Sekretaris Daerah (Sekda) Papua Hery Dosinaen. (Erwin/ HPP)

JAYAPURA (LINTAS  PAPUA)  – Sekretaris Daerah (Sekda) Papua Hery Dosinaen memastikan, pemerintah provinsi sudah menertibkan ijin cuti kampanye kepada sejumlah kepala daerah yang menjadi tim sukses pada perhelatan Pilgub Juni 2018.

Ijin cuti kampanye para bupati dan walikota, sudah lama diterbitkan oleh Gubernur Papua nonaktif Lukas Enembe, sebelum dirinya cuti kampanye karena menjadi kandidat dalam Pilgub.

“Sudah ada bupati yang sampaikan (ijin cuti kampanye). Mereka sudah bersurat kepada kami. Bahkan kami bahkan sudah mengeluarkan ijin kepada sejumlah kepala daerah itu”.

“Yang pasti sebelum Gubernur Lukas enembe cuti, yang bersangkutan sudah menandatangani surat ijin cuti para kepala daerah itu,” terang Sekda di Jayapura, menangapi pertanyaan wartawan, kemarin.

Menurut Sekda, ijin cuti kampanye sudah clear dan tak perlu dipermasalahkan pihak-pihak lainya. Sebab sistem kerja pemerintahan sudah tersruktur, karena berpedoman pada aturan perundang-undangan yang berlaku.

Sebelumnya, Sekretaris Fraksi Gerindra DPR Papua, Natan Pahabol meminta agar bupati dan walikota yang terlibat dalam tim kampanye untuk mengajukan cuti dari tugasnya sebagai kepala atau wakil kepala daerah.

Dia menilai bupati sebagai penyelenggara pemerintahan dan pelaksana anggaran, mestinya tak sampai terlibat sebagai tim kampanye. Sebab dikhawatirkan pelaksanaan pembangunan menjadi terbaikan, sehingga rakyat menjadi korban.

Dia juga mengingatkan agar kepala daerah yang menjadi tim sukses atau kampanye, wajib tak menggunakan anggaran maupun fasilitas negara. Sebab bila ditemui, dirinya tak segan-segan untuk melaporkan kepada Bawaslu Papua serta Panwas setempat.

“Karena itu kami ingatkan kepala daerah untuk bijak dalam bertindak. Sehingga jangan sampai menggunakan uang rakyat untuk kepentingan kampanye,” tuntasnya. (Erwin / Koran Harian Pagi Papua)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here