Kesiapan Kesbangpol Kabupaten Jayapura. (Irfan /HPP)

SENTANI (LINTAS  PAPUA) –  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) akan mengadakan Sosialisasi Undang-Undang (UU) Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (Pemilu), pada hari Rabu (28/2/2018) besok pagi dan akan berlangsung di Hotel HoreX Sentani, Kabupaten Jayapura.

Sosialisasi ini ditujukan kepada partai politik (Parpol), LSM, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh perempuan dan tokoh pemuda. Kegiatan ini akan dihadiri langsung oleh Direktur Politik pada Bidang Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) Kementerian Dalam Negeri, Bahtiar sebagai pemateri dalam kegiatan sosialisasi tersebut.

Demikian disampaikan Plt. Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Jayapura, Rustan Mida, S.Sos, M.KP, didampingi Kepala Bidang (Kabid) Politik pada Badan Kesbangpol Kabupaten Jayapura, Dra. Delila Giay, M.Si, ketika dikonfirmasi di Kantor Badan Kesbangpol Kabupaten Jayapura, Gedung B Kompleks Perkantoran Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura, Senin (26/2/2018) siang.

Plt. Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Jayapura, Rustan Mida, S.Sos, M.KP, mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan Undang-Undang Politik, dan memang ini merupakan agenda pihaknya di tahun 2018 untuk mengadakan sosialisasi UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kaban Kesbangpol) Kabupaten Jayapura, Rustan Mida, S.Sos, M.KP. (Irfan / Koran Harian Pagi Papua)

“Jadi, kegiatan itu merupakan agenda rutin yang setiap tahun dilaksanakan kami di Kesbangpol Kabupaten Jayapura. Sedangkan maksud kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan peserta sosialisasi tentang dinamika pelaksanaan Pemilu DPR, DPD, DPRD serta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden secara serentak, berdasarkan peraturan perundang-undangan yang baru,” ujar pria yang pernah menjabat sebagai Kepala Distrik Sentani Timur itu menerangkan.

Lanjut Rustan Mida, tujuannya itu untuk meningkatkan partisipasi politik serta meningkatkan kualitas pelaksanaan pemilihan umum di Kabupaten Jayapura, khususnya yang akan dilaksanakan secara serentak pada tahun 2018 maupun 2019 mendatang.

“Sedangkan untuk materi sosialisasi meliputi tahap dan program pemilukada serentak 2018 dan juga pemilu serentak 2019, kemudian sosialisasi dan kampanye, serta pengawasan terhadap pemilu,” tandasnya. . (Irfan /  Koran Harian Pagi Papua)