Bandar Narkoba Asal Papua New Guinea Diciduk Tim Direktora Narkoba Polda Papua

0
334
Ganja, yang menjadi barang bukti. (istimewa)
Ganja, yang menjadi barang bukti. (istimewa)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Tim Opsnal Subdit III Direktorat Reserse Narkoba Polda Papua berhasil menangkap seorang bandar narkotika jenis ganja berinisial Ga, berkenegaraan Papua New Guinea, Sabtu (24/2/2018).

 

Polisi menangkap Ga di Tanah Hitam Distrik Abepura, dengan barang bukti 36 plastik bening ukuran besar yang berisikan ganja, 2 karung ukuran 6 kilogram yang berisikan ganja dan  1 bal plastik warna hitam yang berisikan ganja. Ditafsir ganja tersebut bernilai puluhan juta rupiah.

 

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ahmad Mustofa Kamal mengungkapkan, keberhasilan penangkapan ini tak lepas dari kerja sama dari masyarakat, yang melaporkan adanya kecurigaan masyarakat setempat atas aktivitas keseharian  pelaku.

 

 

“Jadi informasi yang kami terima, pelaku kerab menawarkan barang terlarang tersebut di daerah Tanah Hitam. Jadi, warga setempat menolak keberadaannya, yang kerab menjual narkotika, sehingga mereka melaporkannya hal ini kepada kami,” kata Kamal, Minggu (25/2).

 

Dari laporan itu, lanjut Kamal, Kanit Opsnal Subdit III Iptu M. Ridwan, langsung di tugaskan untuk menindak lanjuti laporan itu. Dari hasil penyelidikan, anggota hanya menemukan barang bukti dan telah pergi ke rumah temannya.

 

“Lalu, anggota memerintahkan warga tersebut untuk menghubungi pelaku dan sekitar pukul 00.30 WIT. Lalu pelaku dating, hingga akhirnya anggota menangkap pelaku,” ujarnya.

 

Dari hasil penangkapan itu, kata Kamal, hingga saat ini, pemeriksaan secara intensif terus dilakukan terhada pelaku, guna mengungkap jaringan peredaran narkotika.

 

“Pelaku telah kami tetapkan sebagai tersangka dan di jerat dengan UU No 35 Tahun 2009 tentang narkotika dengan ancaman maksimal, seumur hidup,”  lugasnya. (jpr/hpp)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here