Pemkot Jayapura Kerja Bukan Kejar Penghargaan, Namun Berikan Pelayanan Terbaik

0
389
Wali Kota Jayapura, DR. Benhur Tomi Mano, MM bersama Pimpinan OPD saat menunjukkan penghargaan yang diberikan oleh kementerian. (Elsye Sanyi / Koran Harian Pagi Papua)
Wali Kota Jayapura, DR. Benhur Tomi Mano, MM bersama Pimpinan OPD saat menunjukkan penghargaan yang diberikan oleh kementerian. (Elsye Sanyi / Koran Harian Pagi Papua)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Terkait dua penghargaan yang diraih Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura yakni dari Kementerian Aparatur Negara dan Kementerian Sosial, Wali Kota Jayapura, DR. Benhur Tomi Mano, MM mengatakan, bahwa dirinya bersama jajarannya bekerja bukan untuk mencari prestasi atau penghargaan, tetapi sebagai abdi negara pihaknya siap memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

 

“Kita hanya bekerja, dan masyarakat yang menilai. Saya selalu dorong OPD harus kreatif dan melakukan hal-hal baru. Untuk itu saya mengucapkan terima kasih kepada pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Aparatur Sipil Negara (ASN) Kota Jayapura yang selalu bekerja tanpa pamrih untuk melayani masyarakat, bukan saja tingkat kehadirannya yang kita dorong tetapi juga disiplin dan kinerja ASN juga meningkat,” ucapnya dalam arahannya pada Apel Gabungan di Main Hall Kantor Wali Kota Jayapura, Senin (12/2/2018).

Sejumlah ASN Kota Jayapura (Eveerth / Koran Harian Pagi Papua)

Menurutnya, pembangunan di daerah itu identik dengan perubahan. Untuk itu,  dirinya selalu memberikan motivasi bagi pimpinan OPD agar mampu menjalankan tugas pokok dan fungsi. Serta mampu menciptakan inovasi baru untuk meningkatkan kinerja yang terbaik, excellent, cepat, tepat, efektif dan efisien kepada masyarakat.

 

 

Disebutkan Wali Kota, kedua penghargaan yang diterimanya yakni pertama ialah dari Kemenpan-BR kepada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Jayapura atas Role Model Penyelenggaraan Pelayanan Publik kategori ‘Baik’, dan kepada Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu Kota Jayapura atas Role Model Penyelenggara Pelayanan Publik kategori ‘Baik dengan Catatan’, serta kedua penghargaan dari Kemensos yaitu Adhitya Karya Mahatva Yodha 2017 kategori Pembina Umum Terbaik Karang Taruna Kota Jayapura.

 

Sementara itu, Kepala DPMPTSP Kota Jayapura, Yohanes Wemben mengakui penghargaan yang terimanya disertai dengan catatan atau perbaikan, dikarenakan pihaknya belum melakukan survey kepuasan masyarakat dan tempat bermain anak-anak.

Kepala BPPTSP Kota Jayapura, Yohanis Wemben, SH, MH., bersama staffnya di stand PPTSP Pameran Pembangunan di PTC Entrop. (Eveerth/LintasPapua/com)

“Ada enam indikator yang harus dipenuhi termasuk dua indikator tersebut, karena hal itu diatur dalam Permendagri. Dan mudah-mudahan dapat kami penuhi tahun ini. Memang kedua hal tersebut belum ada, sehingga ada catatan bagi dinas kami, yang diberikan oleh Kemenpan-BR pada saat datang melakukan penilaian,”ucap Wemben.

 

Wemben menyebutkan enam indikator penilaian evaluasi pelayanan publik yang dinilai antara lain, kebijakan pelayanan, profesionalisme sumber daya manusia, sarana dan prasarana, informasi pelayanan publik, konsultasi dan pengaduan, serta inovasi.

Wali Kota Jayapura, DR. Benhur Tomi Mano, MM., bersama Wakil Wali Kota Jayapura, Ir. H. Rustan Saru, MM., selalu mengajak ASN untuk bekerja melayani masyarakat secara baik serta terus menata ASN untuk lebih meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.
(Eveerth Joumilena /Koran Harian Pagi Papua)

Sehingga di tahun ini, pihaknya akan berupaya untuk melakukan survey kepuasan masyarakat dan tempat bermain anak-anak, yakni dua hal yang menjadi catatan baginya.

 

“Sedangkan disisi transparansi kami telah membangun transparansi pemenuhan pelayanan publik,” tandasnya (Elsye Sanyi / Koran Harian Pagi Papua)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here