Launching Website PPID,  Wali Kota BTM Minta Transparansi Informasi Bagi Masyarakat 

0
455
Wali Kota Jayapura, DR. Benhur Tomi Mano, MM bersama , Kepala Dinas Kominfo Provinsi Papua, Kansiana Salle saat launching website PPID. (Elsye Sanyi / Koran Harian Pagi Papua)  
Wali Kota Jayapura, DR. Benhur Tomi Mano, MM bersama , Kepala Dinas Kominfo Provinsi Papua, Kansiana Salle saat launching website PPID. (Elsye Sanyi / Koran Harian Pagi Papua)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Wali Kota Jayapura, DR. Benhur Tomi Mano, MM meminta agar informasi publik yang diberikan kepada masyarakat harus bersifat transparan,  tepat, berkualitas dan aktual. Hal itu dilakukan guna memenuhi dan melayani permintaan dan kebutuhan pengguna informasi publik.

Demikian disampaikan Wali Kota saat melaunching  website Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) sekaligus Pengukuhan PPID di lingkungan Pemkot Jayapura saat memberikan sambutan pada kegiatan Launching website PPID dan pengukuhan PPID Kota Jayapura, yang digelar oleh Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Jayapura, di Aula Sian Soor Kantor Wali Kota Jayapura, Senin (12/2/2018).

 

“Informasi merupakan hak asasi bagi setiap orang dalam kelembagaan. Keterbukaan informasi publik merupakan salah satu ciri penting negara demokratis yang menjunjung tinggi kedaulatan rakyat dalam mewujudkan penyelenggara negara yang baik,” ucapnya.

Menurutnya, keterbukaan informasi publik merupakan sarana dalam mengoptimalkan pengawasan publik terhadap program pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah.

 

Namun ia berpendapat, bahwa sejak lima tahun periode pertamanya yang lalu, ia telah menegaskan kepada pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Jayapura untuk segera menerapkan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2018 tentang keterbukaan informasi publik.

 

“Karena itu,  setelah dilaunchingnya website dan pengukuhan PPID, saya meminta Dinas Kominfo Kota Jayapura untuk membuat Standar Pelayanan Minimun (SPM) dan Standar Operasional Prosedur (SOP) agar masyarakat dengan mudah dapat mengikuti tahapan untuk mengakses informasi yang aktual. Dan juga dibuatkan maklumat penyampaian informasi,” tegasnya.

 

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Provinsi Papua, Kansiana Salle mengatakan bantuan hibah sebuah vidiotron dari Pemprov Papua kepada Pemkot Jayapura, diharapkan dapat digunakan untuk melengkapi venue Pekan Olahraga Nasional XX Tahun 2020 mendatang.

 

Adapun vidiotron tersebut diletakkan di jalan protokol tepatnya di depan Kantor Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Papua.

 

“Jadi kami berharap selain untuk publikasi kegiatan-kegiatan PON 2020, dapat juga dimanfaatkan sebagai sarana pelayanan informasi yang terbuka terhadap seluruh pemberitaan kegiatan Pemkot Jayapura,” ujarnya.

 

Dengan demikian, sambung Kansiana, data aset di Pemprov Papua tahun 2017 telah dihapuskan dan dicatat masuk kedalam aset Pemkot Jayapura tahun 2018.

 

Kansiana menambahkan, pada tahun lalu pihaknya telah memasang dua buah vidiotron berukuran 5×8, yakni di Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura, sedangkan di 2018 ini pihaknya akan menghibahkan satu unit vidiotron ke Kabupaten Mimika.

 

Di tempat yang sama Kepala Dinas Kominfo Kota Jayapura, Binton Nainggolan menjelaskan PPID Kota Jayapura dibentuk setelah melalui berbagai tahapan, sehingga pemerintah akan memiliki saluran untuk dimanfaatkan masyarakat untuk memperoleh informasi dan dokumentasi publik dari Pemkot Jayapura.

 

“Tujuan PPID ialah untuk mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan yang baik, transparan, efisien, efektif dan akuntabel serta dapat dipertanggungjawabkan untuk meningkatkan pengelolaan pelayanan informasi dan dokumentasi di lingkungan Pemkot Jayapura dan menghasilkan layanan informasi dan dokumentasi yang berkualitas,” pungkasnya.

 

Bintong mengatakan, informasi dan dokumentasi tersebut dapat diperoleh oleh pengelola informasi dan dokumentasi dengan cepat dan dapat diakses dengan mudah oleh pejabat utama PPID dan pejabat pembantu dijajaran OPD Pemkot Jayapura.

 

“Adapun admin dari masing-masing OPD ialah sekretaris OPD sebagai pejabat pembantu,” jelas Binton. (Elsye Sanyi / Koran Harian Pagi Papua)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here