Disnaker Tidak Siapkan Lapangan Kerja, Hanya Sediakan Prosesnya

0
342
Ilustrasi pencari kerja.(dok balkot.com)
Ilustrasi pencari kerja.(dok balkot.com)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Dinas Tenaga Kerja adalah pasar tenaga kerja atau bursa kerja pemerintah yang ditangani oleh pemerintah. Demikian dikatakan Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Jayapura, Yosias N. Fonataba, untuk memberikan pemahaman yang benar kepada masyarakat umum tentang keberadaan dinas tersebut. 

 

Menurutnya, bursa kerja pemerintah adalah sebagai suatu pasar yang mempertemukan pengusaha dengan karyawan atau pekerja. Hal itu  bertujuan untuk mengkoordinasi pertemuan antara para pencari kerja dan pengusaha dari perusahaan yang membutuhkannya.

 

“Jadi, kami di Disnaker lebih kepada proses bukan menyiapkan lapangan pekerjaan. Sedangkan yang menyediakan lowongan pekerjaan itu ialah BUMN, BUMD, perusahaan dan pemerintah yang membutuhkan tenaga kerja,” ujar Fonataba di ruang kerjanya, Rabu (7/2/2018).

 

Dikatakan Fonataba, dalam UUD 1945 Pasal 27 ayat (2) menyebutkan bahwa tiap-tiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan. Sehingga fungsi Disnaker sebagai pasar tenaga kerja ialah sebagai sarana penyaluran dan sarana untuk informasi tentang tenaga kerja.

Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Jayapura, Yosias N. Fonataba. (Elsye Sanyi . Koran Harian Pagi Papua)

“Jadi pencari kerja (pencaker) datang mendaftar sebagai pencaker dan akan diberikan kartu kuning. Dari situ, kami membantu para pencaker untuk mendapatkan pekerjaan dengan berkoordinasi dengan pihak perusahaan apabila pencaker memenuhi syarat dan memiliki skill yang dibutuhkan”.

 

“Sebaliknya juga, Disnaker dapat membantu perusahaan yang memerlukan tenaga kerja untuk mendapatkan tenaga kerja,” timpalnya.

 

Fonataba menambahkan,  secara tidak langsung Disnaker sebagai bursa kerja pemerintah dapat membantu pemerintah dalam mengatasi permasalahan ketenagakerjaan. (Elsye Sanyi / Koran Harian Pagi Papua)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here