Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kaban Kesbangpol) Kabupaten Jayapura, Rustan Mida, S.Sos, M.KP. (Irfan / Koran Harian Pagi Papua)

SENTANI (LINTAS PAPUA) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) dalam waktu dekat ini akan mengadakan Sosialisasi Undang-Undang (UU) Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (Pemilu) yang akan berlangsung di salah satu hotel di Kota Sentani.

“Jadi, dalam waktu dekat kami dari Badan Kesbangpol akan melakukan sosialisasi Undang-Undang nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu, yang akan melibatkan atau menghadirkan narasumber dari Dirjen. Itu sudah merupakan rutinitas tiap tahun kita laksanakan,” demikian di ungkapkan Plt. Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Jayapura, Rustan Mida, S.Sos, M.KP,  ketika menjawab pertanyaan wartawan harian ini ketika di temui di ruang kerjanya, Selasa (6/2/2018) sore.

Lanjut Rustan Mida mengatakan, bahwa maksud dari kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan peserta sosialisasi tentang dinamika pelaksanaan Pemilu DPR, DPD dan DPRD serta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden secara serentak tahun 2019 mendatang, yang berdasarkan peraturan perundang-undangan yang baru.

“Sedangkan tujuannya, yakni untuk meningkatkan partisipasi politik serta meningkatkan kualitas pelaksanaan pemilihan umum kepala daerah (Pilkada) Provinsi Papua atau Pilgub Papua tahun 2018,” terang pria yang pernah menjabat sebagai Kepala Distrik Sentani Timur tersebut.

Selain itu, kata Rustan, kegiatan sosialisasi ini juga akan menghadirkan tokoh masyarakat, lembaga adat, Ormas, tokoh perempuan dan partai politik.

“In Sha Allah, kalau tidak ada halangan dalam minggu-minggu ini kita akan laksanakan,” ujarnya di akhir wawancara. (Irfan/ Koran Harian Pagi Papua)