Alex Dusay Akan Bawa  Perpustakaan Keliling ke Kampung

0
469
Plt. Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Jayapura, Alex R. Dusay, SH. (Irfan / Koran Harian Pagi Papua)
Plt. Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Jayapura, Alex R. Dusay, SH. (Irfan / Koran Harian Pagi Papua)

SENTANI (LINTAS PAPUA) – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Jayapura, berupaya melanjutkan program perpustakaan keliling di tahun 2018 ini,  dengan cara melayani masyarakat di kampung-kampung di Bumi Kenambay Umbay dengan menggunakan mobil perpustakaan keliling.

 

Untuk di ketahui, perpustakaan keliling ini merupakan tugas pokok dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah yang sudah di lakukan sejak tahun 2017 lalu dengan melayani 12 distrik dari 19 distrik yang ada di Kabupaten Jayapura.

“Jadi, untuk membuka wawasan masyarakat maka tugas pokok (perpustakaan keliling) ini tetap kita lanjutkan. Karena kami melihat minat baca dan juga rasa keinginan tahu dari masyarakat yang ada di kampung-kampung itu sangat tinggi, sehingga perpustakaan keliling ini kami lanjutkan di tahun 2018,” kata Plt. Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Jayapura, Alex R. Dusay, SH, ketika di konfirmasi di ruang kerjanya, Selasa (30/1/2018) sore.

“Mobil itu telah di lengkapi dengan audio video multimedia, sehingga dapat menciptakan suasana membaca lebih fun dan relaxs. Sehingga kehadiran mobil perpustakaan keliling ini sangat di nantikan banyak masyarakat atau para pemustaka dini yang ada di kampung-kampung,” lanjutnya.

Mobil perpustakaan keliling tersebut untuk menjangkau daerah-daerah terjauh atau pelosok-pelosok kampung yang ada di Kabupaten Jayapura.

 

Alex R. Dusay mengatakan, minat baca masyarakat sudah semakin meningkat, namun kurangnya sarana dan prasarana yang memadai guna meningkatkan minat literasi masyarakat Kabupaten Jayapura.

Mobil untuk perpustakaan keliling tersebut, ujar Alex, telah di lengkapi dengan ratusan buku dan juga telah di lengkapi dengan perangkat audio video.

“Selain sarana perpustakaan juga dapat di gunakan untuk menonton film edukasi secara bersamaan tentang literasi yang lebih menarik lagi,” tutur pria yang juga menjabat sebagai Staff Ahli bupati Bidang Pemerintah dan Pengembangan Daerah Setda Kabupaten Jayapura.

Alex menambahkan, buku ini merupakan jendela dunia karena melalui itu orang dapat mengetahui pengetahuan maupun hal-hal lain guna menginformasikan dan mengembangkan diri.

“Dengan membaca buku yang dulunya orang tidak tahu malah bisa menjadi tahu. Oleh sebab itu, program perpustakaan keliling ini tetap kami lanjutkan di tahun 2018 ini guna lebih meningkatkan minat baca masyarakat karena buku adalah jendela dunia,” katanya di akhir wawancara. (Irfan / Koran Harian Pagi Papua)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here