Rekomendasi Hanura di Pilkada Jayawijaya Untuk Paslon Banua – Yogobi

0
649
SK rekomendasi dukungan Paslon dari DPP Hanura, saat diserahkan kepada KPUD Jayawijaya. (ISTIMEWA)
SK rekomendasi dukungan Paslon dari DPP Hanura, saat diserahkan kepada KPUD Jayawijaya. (ISTIMEWA)

WAMENA (LINTAS PAPUA) – Setelah perpanjangan pendaftaran yang dilakukan KPU Jayawijaya sejak tanggal 19 hingga 21 Januari lalu, di hari pertama perpanjangan yakni Jumat (19/1) sekitar pukul 08:02 WIT Bapaslon Bupati Jayawijaya, John R. Banua SE. M.S.i – Marthen Yogobi, SH datang mendaftar kembali di Kantor KPU Jayawijaya bersama 10 Parpol pengusung salah satunya Partai HANURA yang sebelumnya diisukan terjadi dualisme dukungannya.

Kemudian pada tanggal yang sama namun sekitar 16: 24 WIT Bapaslon Bupati Jayawijaya Drs. Bartholomeus Paragaye dan Ronny Elopere S.Ip datang mendaftar juga di KPU Jayawijaya di dalam dokumen pencalonan dengan Partai yang sama yakni HANURA.

Atas hal tersebut KPU dan Panwas berkesimpulan untuk melakukan klarifikasi ke DPP Partai HANURA di Jakarta esoknya yakni Sabtu (20/1).

KPU Jayawijaya mengutus Divisi Teknis Penyelenggara Pemilu, Sarlota Nelcy Wartanoy  S.E dan Divisi Hukum,  Welius Wetipo, S.H berangkat ke  Jakarta menuju kantor DPP HANURA di Jakarta.

Selain kedua anggota komisioner KPU Jayawijaya yang mendatangi DPP Hanura di Jakarta,  juga Ketua Panwas Jayawijaya menyusul beberapa saat kemudian.

Namun staf kantor DPP HANURA mengatakan seluruh  pengurus DPP HANURA sedang Munaslub di Hotel Menhanten Jakarta sehingga KPU dan Panwas Jayawijaya menuju tempat kegiatan Munaslub.

Setelah menuggu kurang lebih dua jam d Hotel Menhanten Sekjen DPP HANURA menemui KPU Jayawijaya dan melakukan klarifikasi dengan menunjukkan dokumen pencalonan dari kedua Bapaslon yang didalamnya terdapat dualisme dukungan.

Klarifikasi dimaksud disaksikan oleh anggota KPU dan Ketua Panwaslu Kabupaten  Jayawijaya.

Sekjen DPP HANURA mengatakan DPP HANURA tidak pernah mengeluarkan surat dukungan kepada Bapaslon lain selain,  John R. Banua S.E M.Si dan Marthin Yogobi, S.H pernyataan tersebut disampaikan secara tertulis dengan Surat Keterangan/Penegasan tidak mengeluarkan dukungan untuk calon lain dengan surat DPP Hanura no: SKEP/B/070/DPP-HANURA/1/2018.

Tanggal 21 Januari 2018 KPU Jayawijaya tiba di Jayapura selanjutnya ke Wamena. Sekitar pukul 16:24 WIT Bakal calon Drs. Bartholomeus Paragaye dan Tim Sukses datang ke Kantor KPU Jayawijaya untuk mendaftar. dalam ruangan pokja pendaftaran KPU Jayawijaya menanyakan ketidak hadiran bakal calon wakil Bupati yang juga sebagai ketua DPC Hanura Kabupaten Jayawijaya namun disampaikan oleh tim sukses beliau berhalangan hadir dengan menunjukkan surat keterangan dari Kapolres Jayawijaya.

Kemudian KPU Jayawijaya menanyakan hasil klarifikasi dari DPC HANURA dan Tim sukses ke DPP HANURA di Jakarta namun  tim sukses menyampaikan Ketua DPC yang juga sebagai bakal calon Wakil Bupati,  Ronny Elopere; S. IP.  M.Ap masih  melakukan  klarifikasi di Jakarta.

Sampai dengan waktu akhir masa perpanjangan pendaftaran yakni hari Minggu (21/1) sekitar pukul 11: 54 WIT KPU Jayawijaya menetapkan sesuai dengan hasil keputusan DPP HANURA di Jakarta yang menyatakan DPP HANURA tidak pernah mengeluarkan dukungan kepada Bapaslon lain selain John R. Banua, SE.M.Si dan Marthen Yogobi, S.H. (naf/ab/Koran Harian Pagi Papua)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here