Kandidat Petahana Mamberamo Tengah “Hanas” Didukung Semua Parpol

0
1363
Suasana Pendaftaran Pasangan HANAS di Kobakma, Mamberamo Tengah . (Foto Berius Kogoya)
Bupati Mamberamo Tengah, Ricky Ham Pagawak, saat membawakan sambutannya, ketika membantu pengadaan asrama di Kotaraja beberapa waktu lalu. (Fransisca/LintasPapua.com)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA)  –  Kandidat petahana pada pilkada serentak 2018 di Kabupaten Mamberamo Tengah (Mamteng), Papua, “memborong” semua partai politik (parpol) yang memiliki total 20 kursi di DPRD setempat. Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua Adam Arisoy, di Jayapura, Jumat, mengatakan pasangan petahana Ricky Ham Pagawak dan Yonas Kenelak didukung oleh tujuh partai yang memiliki kursi di DPRD setempat.

 

“Berdasarkan informasi terkini dari KPU Mamberamo Tengah, petahana Ricky Ham Pagawak dan Yonas Kenelak didukung oleh tujuh parti politik yang memiliki kursi di DPRD setempat. Jadi, semua parpol yang punya kursi mendukungnya,” kata Adam.

Ia menyebut dukungan 100 persen itu hampir sama dengan pilkada di Kota Jayapura, ketika kandidat petahana Benhur Tommy Mano juga didukung oleh mayoritas partai yang miliki kursi di DPRD, sehingga calon lain tidak bisa menggunakan jalur parpol.”Jadi di sana semua partai politik diambil semua oleh petahana, presentasinya 100 persen. Itu data yang masuk di KPU, pada hari terakhir pendaftaran Rabu (10/1),” kata Adam.

Suasana Pendaftaran Pasangan HANAS di Kobakma, Mamberamo Tengah . (Foto Berius Kogoya)

Ricky Ham Pagawak merupakan Bupati Mamberamo Tengah peroide 2013-2018 dan Yonas Kenelak merupakan wakilnya pada periode yang sama. Keduanya didukung oleh partai Demokrat, PKS, PAN, PDIP, PBB, Gerindra dan PKPI dengan total jumlah kursi sebanyak 20.”Persyaratan minimal untuk maju dalam pilkada di Mamberamo Tengah adalah dukungan empat kursi di DPRD setempat, tapi ini sudah lebih dari cukup. Pasangan ini mendaftar di hari ketiga,” katanya.

Namun, kata dia, di kabupaten yang bertetangga dengan Kabupaten Mamberamo Raya dan beberapa kabupaten di pegunungan tengah itu, ada calon perseorangan yang ikut mendaftar di KPU setempat.”Tapi masih ada calon independen yakni bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati, Ithaman Thago dan Onny Pagawak yang mendaftar pada hari pertama.” katanya.

 

 

Diikuti Dua Paslon

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mamberamo Tengah (Mamteng) menyatakan hanya dua pasangan calon (paslon) yang bersaing di pilkada serentak 2018 di kabupaten itu. Ketua KPU Mamberamo Tengah Steven Payokwa saat ditemui di Wamena, Ibu Kota Kabupaten Jayawijaya, Jumat, mengatakan salah satu dari dua pasangan calon tersebut adalah kandidat petahana yang mendaftar menggunakan jalur partai, dan satunya lagi mendaftar menggunakan jalur independen. “Kandidat petahanan adalah Ham R. Pagawak dan Yonas Kenelak yang didukung oleh tujuh partai, serta calon lainnya yang merupakan pasangan independen (perseorangan) yakni Itaman Tago dan Oni Brian,” katanya.

Ricky Ham Pagawak dan Yonas Kenelak didukung oleh tujuh parti politik yang memiliki kursi di DPRD setempat. Jadi, semua parpol yang punya kursi mendukungnya. (Foto Berius Kogoya)

Steven mengatakan berdasarkan pemeriksaan berkas sementara, tidak ada masalah bagi calon petahana. Sementara pasangan calon perseorangan masih ada beberapa perbaikan berkas yang perlu dilakukan, dan KPU telah memberikan waktu bagi yang bersangkutan. “Mereka sudah buat surat pernyataan untuk melengkapi berkas-berkas yang dibutuhkan. Dan ini sesuai dengan PKPU Nomor 3 Tahun 2017, sama PKPU Nomor 15 Tahun 2017 yaitu tentang masalah perbaikan syarat-syarat dukungan,” katanya.(ant/mas/Koran Harian Pagi Papua)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here