Suasana tanam padi bersama masyarakat di Kampung Serapo di Merauke . (LintasPapua.com)

SENTANI (LINTAS PAPUA ) – Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, S.E, M.Si, Wakil Bupati Jayapura Giri Wijayantoro, Anggota Komisi IV DPR RI H. Sulaiman L. Hamzah, S.E, Sekda Kabupaten Jayapura Drs. Yerry F. Dien, M.Si, perwakilan TNI-Polri, perwakilan Anggota DPRD Kabupaten Jayapura bersama masyarakat dan para petani asli Papua dari Kelompok Petani (Gabpoktan) Toap Min melakukan tanam serentak secara simbolis untuk musim tanam 2017-2018.

Penanaman serentak di lahan seluas 13 hektar itu di Kampung Swentab, Distrik Kemtuk Gresi, Kabupaten Jayapura, Selasa (26/12/2017) pagi lalu.

Dalam kesempatan itu, Bupati Mathius, Wabup Giri, Anggota DPR RI H. Sulaiman L. Hamzah, Sekda Yerry, Kepala Dinas TPH Kabupaten Jayapura Adolf Yoku, SP, MM, bersama sejumlah pejabat lainnya langsung turun ke sawah yang berlumpur untuk melakukan penanaman padi secara simbolis.

Ini juga bisa menjadi hadiah Natal, karena dengan adanya aktivitas kali ini (penanaman padi serentak) dan sejumlah peralatan mesin pertanian yang di terima para petani, ujar Mathius Awoitauw dalam sambutannya.

Ia menyampaikan, Ya, bagaimana dalam suasana Natal ini, khusus untuk kelompok-kelompok tani dengan adanya bantuan alat-alat mesin pertanian (Alsintan) seperti ini juga dapat memberikan semangat serta memberikan harapan-harapan bagi kita guna memajukan kehidupan ekonomi dengan usaha-usaha pertanian. Jadi, hari Raya Natal tahun ini juga membawa sukacita.

“Untuk itu, alat pertanian ini bisa di terima dengan baik dan harus merasa bahwa peralatan tersebut di berikan secara cuma-cuma. Karena itu, peralatan pertanian ini harus di manfaatkan secara baik,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Kabupaten Jayapura, Adolf Yoku, S.P, M.M, mengatakan, untuk pencetakan lahan sawah dan juga pencanangan penanaman padi serentak ini di biayai langsung dari dana Otonomi Khusus (Otsus) dan dana APBD Kabupaten Jayapura tahun 2017 dengan luas lahan yang telah di cetak seluas 31 hektar are (Ha).

Untuk tahun 2017 ini, kita telah mencetak sawah seluas 31 hektar. Sementara untuk penanaman padi di Kampung Kuipons, Distrik Nimboran dengan luas lahan seluas 8 hektar itu sudah kita lakukan pada 13 November 2017 lalu. Sedangkan untuk penanaman padi selanjutnya, kita rencanakan di Kampung Hamonggrang, Distrik Nimbokrang, dengan luas lahan yang di sediakan seluas 10 hektar itu pada 30 Desember 2017 nanti, ungkap Adolf Yoku.

Lebih lanjut Adolf Yoku menyampaikan, program tanam padi serentak tersebut merupakan bagian dari program upaya khusus (Upsus) mendukung swasembada pangan. Penanaman padi serentak yang di lakukan di Kampung Swentab, Distrik Kemtuk Gresi ini di atas lahan seluas 13 hektar, yang di laksanakan oleh gabungan kelompok tani setempat dengan anggota TNI.

“Kami sudah membuka lahan seluas 250 hektar pada tahun 2015 lalu, yang bekerjasama dengan TNI. Sementara di tahun 2017 ini, kita sudah buka lahan seluas 13 hektar di tahun 2017 dan semua ini khusus untuk para petani asli Papua,” paparnya.

Dalam kesempatan itu juga, ikut di serahkan sejumlah bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) baik dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura dan aspirasi Komisi IV DPR RI, yang di berikan secara simbolis oleh Bupati Mathius, Wabup Giri, Anggota Komisi IV DPR RI H. Sulaiman L. Hamzah, Sekda Yerry dan Kadis TPH Kabupaten Jayapura Adolf Yoku, S.P, M.M, kepada sejumlah perwakilan kelompok tani.

Kelompok tani Kyanteng menerima 1 unit traktor roda empat (aspirasi), juga kelompok tani Nusantara menerima 1 unit traktor roda empat dan 1 unit pompa air (aspirasi), Keltan Tab Biap menerima 1 unit pompa air (aspirasi), kemudian kelompok tani Toap Min menerima masing-masing 1 unit hand traktor dan pompa air serta 2 unit hand sprayer (aspirasi dan Otsus Kabupaten Jayapura).

Selanjutnya kelompok tani Hamparan menerima masing-masing 1 unit hand traktor dan pompa air (aspirasi), kelompok tani Yamako Nasin menerima 2 unit hand sprayer (Otsus Kabupaten Jayapura), kelompok tani Karya Tani menerima 2 unit hand sprayer (Otsus Kabupaten Jayapura) serta kelompok tani Sinar Tani menerima 2 unit hand sprayer (Otsus Kabupaten Jayapura). (Irfan / Koran Harian Pagi Papua)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here