Gubernur Papua Minta Bupati Baru Kawal Pelarangan Miras

0
361
Gubernur Papua, Lukas Enembe melantik dan mengambil sumpah janji jabatan bupati dan wakil bupati Kabupaten Intan Jaya da Jayapura, di Sasana Krida Kantor Gubernur Dok II Jayapura, Selasa. (Erwin / Koran Harian Pagi Papua)
Gubernur Papua, Lukas Enembe melantik dan mengambil sumpah janji jabatan bupati dan wakil bupati Kabupaten Intan Jaya da Jayapura, di Sasana Krida Kantor Gubernur Dok II Jayapura, Selasa. (Erwin / Koran Harian Pagi Papua)

JAYAPURA (LINTAS  PAPUA) – Dua pasangan kepala daerah (kada), Bupati/Wakil Bupati Intan Jaya dan Jayapura periode 2017 – 2022, resmi dilantik oleh Gubernur Papua Lukas Enembe, Selasa (12/12) petang. Dua pasangan kepala daerah itu, yakni Natalis Tabuni – Yan Kogoboyauw serta Mathius Awoitaiuw – Giri Wijayantoro.

usai melantik, Lukas berpesan agar kedua kepala daerah mengawal pelarangan, peredaran dan produksi minuman keras (miras) di bumi cenderawasih, sebagaimana hasil kesepakatan dalam penandatangan pakta integritas, pada Rakerda Bupati dan Walikota Juni 2017 lalu.

“Saya minta bupati dan wakil bupati yang dilantik agar mengawal pelarangan, peredaran dan produksi miras di daerahnya. Saya juga mengapresiasi Bupati Jayapura Mathius Awoitauw yang dalam kepemimpinan periode pertama tegas mengembalikan satu kontener miras ke surabaya”.

“Untuk itu, saya minta semua bupati harus tegas seperti itu. Sebab pendapatan dari peredaran miras jumlahnya kecil saja, tapi orang Papua mati banyak karena barang haram ini,” terang dia.

Lukas juga mendorong bupati dan wakil bupati dapat mengkomunikasikan pemberantasan miras kepada Forkompinda, SKPD serta seluruh komponen masyarakat. Selanjutnya, membentuk tim pengawasan gabungan di bandara atau tempat-tempat yang menjadi pintu masuk peredaran barang haram itu.

“Pun demikian saya juga minta aparat keamanan yang ditempatkan di seluruh pintu masuk bandara maupun pelabuhan, supaya melaksanakan tugas sesuai tupoksi. Mendukung penuh pelarangan miras bukan sebaliknya,” terangnya.

Bupati dan Wakil Bupati Jayapura, saat mendengarkan sambutan Gubernur Papua, Lukas Enembe. (Irfan)

Dia yakin kepala daerah yang baru dilantik, akan mampu membawa daerahnya menjadi lebih baik hingga membawa kesejahteraan bagi masyarakat, terutama orang asli Papua.Pihaknya pun mengingatkan Bupati dan Wabup agar dapat akur dalam bertugas hingga akhir masa jabatannya.

“Jangan sampai di tengah perjalanan bupati wakil bupati jalan sendiri. Lalu kemudian bentrok atau tidak saling tegur. Ini bakal berdampak pada kepentingan besar di masyarakat. Sebab kejadian seperti ini sudah banyak terjadi dari pengalaman saya,” ucap dia.

Sementara, kegiatan pelantikan dihadiri jajaran Forkopimda Papua, Sekda Papua dan para pimpinan SKPD, Muspida dan DPRD dari kedua kabupaten itu. (Erwin / Koran Harian Pagi Papua)

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here