Wali Kota BTM Minta Bendahara Tiap OPD Pahami Pelaporan Barang

0
339

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Wali Kota Jayapura, Dr. Benhur Tomi Mano, MM, diwakili Plh. Sekda Kota Jayapura Drs Nurjainudin Konu, MKP dalam Sosialisasi dan Pendampingan Laporan Keuangan tahun 2017 oleh Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Pemerintah Kota Jayapura, meminta agar seluruh bendahara barang di masing-masing OPD memahami pelaporan pengadaan barang.

“Sosialisasi ini diharapkan agar bendahara barang bisa memahami bagaimana menyusun Kartu Ineventaris Barang (KIB) A hingga KIB F, lalu penyusunan neraca sementara dibantu oleh BPKAD karena mungkin SDM di OPD belum memahami penyusunan neraca,” katanya membuka sosialisasi di Aula Sian Sioor Kantor Wali Kota Jayapura, Rabu (6/12/2017).

Prosedur penyerahan barang oleh penyedia kepada penerima barang dalam hal ini bendahara barang harus diketahui oleh pengguna anggaran, Plh Sekda melihatnya tidak jalan. Sehingga kemungkinan penyedia yang menyerahkan barang tidak mengetahui prosedur penyerahan barang. Oleh sebab itu, yang menyangkut dokumen penyerahan barang kepada OPD harus diperoleh bendahara barang.

Sementara itu, Kepala BPKAD Kota Jayapura Dr Adolf Siahay, SE, MSi, menjelaskan, dalam penyusunan laporan keuangan selama ini menemui satu kendala yakni pada penyampaiannya. “Kebijakan Wali Kota untuk tahun 2017, laporan keuangan harus disampaikan paling lambat akhir februari 2018 yang selama ini penyampaiannya berada pada posisi injury time karena diajukan selambat-lambatnya pada 31 Maret 2018 di tahun berjalan,” katanya.

Kegiatan ini bertujuan untuk mendamping bendahara atau pengurus barang, karena selama ini yang serius menjalankan tugas yaitu bendahara pengeluaran atau bendahara uang. Bendahara barnag mungkin tidak diberi informasi yang cukup oleh bendahara uang. Kemudian bendahara bendahara barang kiranya lebih proaktif menjemput bola dari masing-masing bendahara uang.

Apa yang sudah dipertanggungjawabkan lalu hasil belanja berakibat pada hadirnya persediaan dan hadirnya aset tetap. Sehingga dapat dilaporkan tepat waktu. BPKAD telah membangun aplikasi atas kerjasama dengan BPKP yaitu SIMDA Barang Daerah dan aplikasi pendukung seperti Aplikasi Persediaan, Dana Bos dan Dana Kapitasi JKN. Hal tersebut membantu bendahara uang maupun barang menyediakan atau menyajikan laporan keuangan dan laporan barang daerah sesuai struktur laporan yang akurat. (Humas Setda Kota Jayapura)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here