KPU Akui PSU Kab. Jayapura di 19 Distrik 261 TPS Berjalan Aman

0
411
Suarana Mengantar dan mengawal kotak suara di Distrik Setani Kota oleh kepolisian dan penyelenggara tingkat distrik, usai pencoblosan, PADA PEMILU LALU (Eveerth/LintasPapua.com)

Komisioner KPU Papua, Izak R. Hikoyabi, saat diwawancara. (Irfan)
SENTANI (LINTAS PAPUA) – Pelaksanaan pemungutan suara ulang (PSU) Pilkada Kabupaten Jayapura di 19 Distrik dan 261 Tempat Pemungutan Suara (TPS), Rabu (23/8/2017) lalu berjalan lancar dan kondusif.

Komisioner KPU Papua, Izak R. Hikoyabi saat ditemui wartawan di Mapolres Jayapura, Doyo Baru, Kabupaten Jayapura, Kamis (24/8) kemarin menjelaskan, PSU di 19 Distrik dan 261 TPS berjalan aman dan lancar dan seluruh masyarakat yang ada di 19 Distrik dan tersebar 261 TPS tersebut telah menggunakan hak pilihnya dengan baik.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Kabupaten Jayapura yang berpartisipasi dalam pelaksanaan PSU tersebut.

“Saya juga ucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Kabupaten Jayapura yang ada di 19 Distrik dan tersebar di 261 TPS, dengan jumlah pemilih kita sebanyak 103.092 jiwa. Tentu dalam pelaksanaan PSU tersebut, secara keseluruhan memang berjalan aman dan lancar-lancar saja. Tidak ada gangguan keamanan secara keseluruhan,” ucapnya.

Untuk itu, Izak juga mengucapkan terima kasih kepada pihak keamanan dalam hal ini TNI/Polri yang telah mengamankan jalannya pelaksanaan PSU tersebut.

“Ini juga berkat kerjasama yang optimal dan luar biasa dari pihak keamanan. Terutama, dari pak Kapolda langsung turun di Jayapura melalui pak Kapolres melakukan pengamanan diseluruh wilayah pelaksanaan PSU ini berjalan cukup luar biasa,” akuinya.

Ditambahkan, juga pihaknya menyampaikan, ucapkan terima kasih kepada pak Kapolda beserta seluruh perwira tinggi di Polda Papua, dan juga pak Kapolres serta seluruh jajarannya yang telah mengamankan proses PSU.

Selain itu, Izak mengungkapkan, PSU memang telah berjalan lancar namun tingkat partisipasi sangatlah rendah, jika dibandingkan dengan pelaksanaan Pilkada Serentak 15 Februari 2017.

Suarana Mengantar dan mengawal kotak suara di Distrik Setani Kota oleh kepolisian dan penyelenggara tingkat distrik, usai pencoblosan. (Eveerth/LintasPapua.com)

“Antusias atau partisipasi pemilih di 261 TPS ini memang kita dapatkan hasilnya belum mencapai angka 50 persen. Sementara pada hari ini (kemarin) saya belum mendapat informasi data kepastian soal kenaikannya persentasinya,” jelasnya.

Ditambahkan, bahwa memang kondisi ini yang terjadi di PSU Kabupaten Jayapura yang tidak mencapai 50 persen itu tidak mempengaruhi perolehan suara atau keabsahan dari proses PSU ini. “Karena PSU tidak menganut sistem 50 persen tersebut,” tandasnya menutup wawancara.

Sementara itu, Ketua KPU Papua, Adam Arisoy mengatakan, suasana pelaksanaan PSU berjalan aman dan lancar serta tidak ada kendala. “Saya akui ada penurunan, namun prosentase kemungkinan 50 persen, akan tetapi puji Tuhan semua sudah bisa berjalan baik,” katanya. (Irf /Koran Harian Pagu Papua)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here