Ujian Nasional 2018 Paket A, B dan C di Kota Jayapura Berbasis Online

4
1849
Ilustrasi Proses belajar di sebuah sekolah dan Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Kompoter (UNBNK) 2017 di Kota Jayapura (Elsye Sanyi)

Ilustrasi Proses belajar di sebuah sekolah
dan Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Kompoter (UNBNK) 2017 di Kota Jayapura (Elsye Sanyi)
JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Tahun 2018 mendatang, Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dispendikbud), akan melaksanakan Ujian Nasioanal (UN) berbasis online untuk sekolah paket A, B dan C di Kota Jayapura.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Jayapura, I Wayan Mudiyasa mengatakan, pihaknya tahun ini belum melaksanakan UN berbasis Online bagi sekolah Paket, A, B dan C. Tapi di 2018 mendatang, UN paket ini akan bergabung sekolah-sekolah Reguler, artinya untuk UN paket itu jadwalnya berbeda dengan sekolah -sekolah reguler.

I Wayan menegaskan tidak ada alasan apapun bagi pelaksanaan UN paket tersebut, Pemkot Jayapura tetap akan melaksanakan UN paket A, B dan C secara online.
“Untuk strategis kita buat Jadwal apakah UN paket C bergabung di sekolah tingkat SMA atau SMK danpaket B di SMP yang ada Kota Jayapura yang akan kita tunjuk untuk pelaksanaaan UN paket tersebut,” ujar IWayan.

Ia mengatakan, untuk UN Online dibutuhkan dua ruang laboratorium komputer yang maksimal dapat menampung 42 siswa dan nantinya akan dibagi dalam tiga shift.

Menurutnya, tidak ada kendala untuk melaksanakan UN berbasis komputer tersebut.

“Untuk itu,pendamping atau tutor UN paket A, B dan C PKBM yang tersebar, telah diberikan pelatihan-pelatihan kepada mereka selama dua hari ini,” ujarnya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Jayapura, I Wayan Mudiyasa, saaat ditemui di ruang kerjanya di Kantor Walikota. (Elsye Sanyi)

Lanjutnya, tujuan akhir yang ingin dicapainya ialah bagaimana membekali peserta UN paket agar mampu menjawab soal-soal yang dikomputer dengan baik.

Dia mengakui bahwa UN berbasis Online tidak boleh di bantu oleh siapa pun. Dimana guru pendamping itu sudah berikan pembekalan sehingga mereka mentransformasikan kepada anak-anak saat ikut UN berjalan sesuai dengna yang diharapkan oleh Pemkot Jayapura,” terang dia. (Elsye Sanyi / Koran Harian Pagi Papua)

4 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here