Anggota DPR RI Roberth Rouw Sosialisasikan Empat Pilar Kebangsaan

0
603
Anggota Komisi IX DPR RI, Roberth Rouw, saat memberikan keterangan pers. (Eveerth/LintasPapua.com)
Anggota Komisi IX DPR RI, Roberth Rouw, saat memberikan keterangan pers. (Eveerth/LintasPapua.com)

JAYAPURA (LIINTAS PAPUA)  –  Sosialisasi empat kebangsaan yang mulai pudar dimasyarakat, tentunya menjadi tanggungjawab Pemerintah, sebagaimana Wakil Rakyat Papua di Senayan DPR RI, Roberth Rouw terpanggil mensosialisasikan kepada pelajar dan masyarakat yang hadir di Aula SMK Negeri 3 Kotaraja, Senin (7/8/2017).

Dikatakan, bahwa  Kebhinekaan dan perbedaan merupakan suatu hal yang harus dilekatkan di dalam kehidupan bangsa Indonesia yang memang multikutural dan multi-etnis, sehingga konsep Bhineka Tungga Ika akan sangat relevan untuk dapat dipertahankan dalam menjaga persatuan dan kesatuan serta keutuhan NKRI.

“Penanaman dan penguatan itu harus dimulai sejak dini supaya bangsa Indonesia tetap kokoh dan terhindar dari berbagai ancaman,” ujar Anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi Partai Gerindra, Roberth Rouw, kepada Harian Pagi Papua, di Kotaraja , Senin (7/8).

Adapun kegiatan turut melibatkan 200 peserta yang terdiri dari pelajar, tokoh masyarakat, pemuda, serta elemen-elemen masyarakat lainnya yang tersebar di Distrik Abepura, Kotaraja, Kota Jayapura.

 

Pria Kelahiran Serui Papua ini menjelaskan, bahwa sosialiasi empat pilar kebangsaan ini harus selalu kita gencarkan kepada masyarakat. Sehingga Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika dapat selalu tertanam di jiwa rakyat Indonesia khususnya masyarakat Papua.

Sebagai wakil rakyat dari Papua, Rouw menjelaskan, bahwa kegiatan sosialisasi empat pilar itu dimaksudkan untuk memberikan pemahaman dan menanamkan rasa persatuan kebangsaan serta memupuk nilai-nilai nasionalisme.

“Sudah menjadi tugas sebagai wakil rakyat dan merupakan amanat undang-undang yang harus dijalankan bagi seluruh Anggota DPR/DPD dan MPR RI,” jelasnya.

Ditambahkan, bahwa kegiatan ini sebagai  amanat undang-undang. Apalagi, nilai-nilai Pancasila saat ini sudah mulai luntur. Karena itu kita sosialisasikan empat pilar kebangsaan ini agar tumbuh subur di dalam pikiran dan jiwa seluruh masyarakat Indonesia, khususnya di Jayawijaya.

Dijelaskan,  bahwa  Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhineka Tunggal Ika merupakan empat pilar yang harus menjadi pedoman hidup masyarakat dalam berbangsa dan bernegara.

Anggota Komisi IX DPR RI, Roberth Rouw. (Eveerth)

“Empat pilar bangsa ini merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” kata Roberth Rouw, yang berhasil menjadi Anggota DPR-RI periode 2014-2019 dari Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dari Dapil Papua  ini.

Salah Seorang Pemuda, Gabriel Mantiri menuturkan, bahwa pentingnya sosialisasi ini, sehingga kita memahami akan pentingnya nasionalisme, yakni menjaga keutuhan Negara kesatuan republik Indonesia.

“Saya kira masih terus harus dilakukan lagi, agar masyarakat juga merasa memiliki dengan bangsa dan Negara,” harapnya. (Eveerth Joumilena)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here