Stand Pameran Papua di Lampung Diserbu Ratusan Pengunjung

0
1130
Ratusan peserta saat berada di stand pameran Perwakilan BKKBN Provinsi Papua. (GMR)

Ratusan peserta saat berada di stand pameran Perwakilan BKKBN Provinsi Papua. (GMR)
LAMPUNG (LINTAS PAPUA) – Stand Pameran Papua yang ditampilkan Perwakilan BKKBN Provinsi Papua diserbu oleh ratusan pengunjung yang datang di acara Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXIV Lampung. Keunikan budayanya membuat Papua menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi peserta Harganas yang datang dari 34 provinsi di Indonesia maupun masyarakat lokal Lampung.

Stand pameran ini diisi dengan sejumlah souvenir unik Papua hasil produk UPPKS (Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera) Kabupaten Jayapura binaan Perwakilan BKKBN Provinsi Papua, di antaranya, tas noken, koteka, gantungan kunci dari Wamena, sisir bambu, sarang semut, sari buah merah, keripik pisang raja dan batik motif Papua.

Selain souvenir, ratusan pengunjung antri berbaris menunggu giliran untuk ber-photo booth dengan menggunakan pakaian adat asli Papua yaitu sali, pakaian rumbai-rumbai dari daun rumbia, dan topi kebesaran hiasan imitasi burung cenderawasih.

“Dari kemarin hingga hari ini, khusus untuk foto sudah ada 500-an pengunjung yang kami layani untuk berfoto menggunakan pakaian adat Papua. Mereka sangat antusias,” ujar Penanggungjawab Stand Pameran Papua, Sentot Mursito, SH kepada media dalam press release, Jumat (14/07/2017).

Tim Stand Pameran Perwakilan BKKBN Provinsi Papua ber-photo booth dengan sepasang pengunjung.

Sentot yang juga Kepala Sub Bidang Advokasi dan KIE pada Perwakilan BKKBN Provinsi Papua ini menjelaskan, pameran yang berlangsung di Gedung Sumpah Pemuda PKOR Way Halim ini berlangsung sejak Kamis (13/07/2017) dan akan tutup hari ini.

Menurutnya, tingginya angka kunjungan di stand Papua menjadi motivasi tersendiri bagi Perwakilan BKKBN Provinsi Papua untuk terus meningkatkan produk UPPKS dengan kabupaten binaan.

Selain stand pameran Perwakilan BKKBN Provinsi Papua, Kabupaten Keerom juga menjadi satu-satunya daerah di Papua yang ikut dalam pameran acara Harganas XXIV Lampung. Sejumlah produk hasil kerajinan ibu-ibu PKK Kabupaten Keerom ditampilkan, di antaranya buah merah mentah, buah naga, coklat, tempe, keripik keladi dan keripik mete.

“Banyak sekali yang beli buah merah karena buah ini hanya ada di Papua. Mereka senang dan tanya-tanya khasiat buah merah yang unik,” kata penjaga Stand Pameran PKK Kabupaten Keerom, Maria Dahay.

Salah satu pengunjung dari Sumatera Utara, Frida Sianturi mengaku dirinya tertarik dengan stand pameran Papua karena menampilkan kerajinan tangan dan budaya yang unik.

Bupati Keerom Drs. Celsius Watae, MH bersama Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Papua, Sarles Brabar, SE.M.Si (Gusty Masan Raya)

“Saya suka lihat tarian pakai pakaian adat Papua di televisi. Senang hari ini bisa pakai dan foto di sini,” kata Frida.
Pengakuan yang sama disampaikan M. Jafar dari Bengkulu. Menurutnya, Papua dengan budayanya yang unik menjadi warna kekayaan Indonesia yang harus dijaga dan dilestarikan.

“Sangat ingin suatu saat bisa ke Papua yang indah dan unik budayanya. Salam buat seluruh saudara di Papua,” tegas Jafar. (Gusty Masan Raya)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here