Harumkan Nama Papua, Jenderal Paulus Waterpauw Disarankan Tetap Berkarir di Kepolisian

0
641
Putra Terbaik Papua di Kepolisian, Irjen Pol Drs. Paulus Waterpauw, (LintasPapua.com/Eveeerth Joumilena)
Sekretaris Dewan Persekutuan Masyarakat Adat Mamberamo Raya, Marthen NK. Tukegi, saat diwawancara di Abepura, Minggu 28 Mei 2017.  (Everth Joumilena /LintasPapua.com)

JAYAPURA (LIINTAS  PAPUA)  – Sekretaris Dewan Persekutuan Masyarakat Adat Mamberamo Raya, Marthen NK. Tukegi mengatakan, Jenderal Paulus Waterpauw adalah putra terbaik Papua yang berada di Kepolisian, sehingga karir ini jangan sampai putus ditengah jalan, hanya karena situasi politik menjelang Pemilihan Gubernur Papua 2018.

 

Hal ini disampaikan Sekretaris Dewan Persekutuan Masyarakat Adat Mamberamo Raya, Marthen NK. Tukegi, saat ditemui di Abepura, Mingggu (28/5), sekaligus diminta pandangannya terkait sejumlah anak Papua yang akan maju dalma Pemilihan Gubernur (Pilgub) Papua tahun  2018.

 

“Saya atas nama Dewan Persekutuan Masyarakat Adat (DPMA) Mamberamo-Raya, Apauwer, menyampaikan terima kasih kepada Pihak Polda Papua yang telah bekerja cukup baik untuk mengembalikan situasi Kantibmas di wilayah Jayapura dan sekitarnya makin hari makin membaik. Termasuk kehadiran Wakabanintelkam Mabes Polri  Irjen Polisi    Drs. Paulus Waterpauw dan Wakasad  Mayjend TNI Hinsa Siburian yang langsung hadir dari Jakarta di Jayapura sehari setelah insiden padang bulan Abepura,” ujar Marthen NK. Tukegi, saat di wawancara di Abepura.

 

Kami meminta dengan hormat agar situasi politik menjelang PILGUB 2018 tidak membuat anak-anak Papua terpecah belah tetapi hendaknya harus saling bekerja sama mendukung dalam rangka pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat Papua.

 

“Mari kita bersama tanah Provinsi Papua, secara khusus dan tanah Papua agar selalu aman dan kondusif dengan demikian pelaksanaan pembangunan di Provinsi ini bias berjalan dengan baik dan mampu membawa perubahan yang baik bagi masyarakat Papua,” ujar Marthen NK. Tukegi, saat berikan keterangan di Abepura, Minggu (28/5/2017).

 

Dikatakan,  dengan mengamati keberhasilan dan peran dari salah satu putera terbaik Papua di Jajaran Kepolisisan, yang kami dengar akan maju dalam PILGUB Provinsi Papua 2018, yaitu Irjen Polisi Drs. Paulus Waterpauw, maka kami masyarakat Mamberamo Raya – Apauwer meminta agar  anak Papua yang sudah Jenderal bintang dua ini, tetap mengabdi di kepolisian, kami belum punya anak Papua yang sekelas Jenderal Paulus Waterpauw untuk bekerja di bidang Kepolisian.

 

“Walaupun beliau sekarang sudah ditarik ke Jakarta, beliau masih bisa turun kembali membantu Kapolda yang baru, Karena Paulus lebih memahami Papua dapat memberikan masukan kepada Pimpinanya dan juga kepada Kapolda baru bagaimana mengatasi persoalan-persoalan di Papua.,” ungkapnya.

 

Kalau kita paksakan  Irjen Paulus Waterpauw maju di PILGUB, menurutnya, maka kita akan kehilangan anak Papua seperti Paulus Waterpauw di kepolisian.

 

“Maka, sebaiknya kami memberikan saran untuk biarlah beliau tetap berdinas sampai purnabakti. Persoalan PILGUB Papua biarlah ada anak-anak Papua lain yang memang sudah waktunya bertarung mereka terjun, dalam pertarungan itu,” ucapnya berpesan.

 

“Kalau semua anak Papua saling berebut satu kursi itu dan mengorbankan karir di Pemerintahan dan atau Kepolisian, maka kita akan mengalami banyak ketidakpastian kedepan,” tutunrya menilai.

 

Diakui,  untuk Pilgub Papua masih ada nama-nama Lukas Enembe, Habel Melkias Suwae, Konstan Karma, Klemen Tinal dan lain-lain yang sudah tidak aktif berdinas, biar mereka yang bertarung dalam pesta demokrasi tersebut.

 

“Hal ini murni juga lahir dari suara  – suara masyarakat yang kami sampaikan, biar semua proses berjalan baik dan Jenderal Paulus Waterpauw tetap mengabdi di kepolisian untuk harumkan nama Papua dalam dunia kepolisian,” harapnya.

Sementara itu, dalam pemberitaan sebelumnya, Kapolda Papua, Irjen Pol. Drs. Paulus Waterpauw, sebagai anak asli Kamoro, Kabupaten Mimika, yang akan bertugas di Mabes Polri Jakarta kembali menegaskan, bahwa dirinya siap maju sebagai Gubernur Papua jika Mabes Polri mengijinkan.

“Sebagai prajurit saya siap saja ditempatkan dimana saja untuk melayani masyarakat, demikian dalam kapasitas dan kepentingan masyarakat, jika diijinkan oleh Mabes Polri, maka ssaya bersedia saja,” ujar Irjen Pol. Drs. Paulus Waterpauw, di kediaman LMA Port Numbay, di Abepura, Rabu (19/4/2017) bulan lalu. (Eveerth Joumilena)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here