Dukung PON 2020, BTM Siap Benahi Pembangunan Venue

0
477
Ilustrasi Sejumlah Atlet Papua perahi prestasi emas di PON XIX 2016 lalu di Jawa Barat . (Eveerth Joumilena / lintaspapua.com)
Benhur Tommy Mano, saat diwawancarai dikediamannya. (Erwin)

JAYAPURA (LIINTAS PAPUA) – Wali kota Jayapura terpilih Benhur Tommy Mano menyatakan kesiapan pemerintahannya untuk mendukung pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 di Bumi Cenderawasih, dengan membenahi pembangunan venue – venue yang ada sebagai saranan olhraga bagi atlet.

 

Sebagai langkah awal setelah dilantik pada Senin (22/5) mendatang, pihaknya akan segera melakukan rapat dengan instansi terkait guna melakukan pembenahan infrastruktur dalam menunjang pembangunan venue maupun fasilitas PON.

 

“Kita ingin melihat PON sukses di Papua apalagi Kota Jayapura merupakan ibu kota provinsi. Karena itu, setelah dilantik saya segera membenahi infrastruktur supaya bisa menunjang pembangunan fasilitas yang diperlukan,” terang dia kepada media ini, di kediamannya, akhir pekan kemarin (20/15/2017).

Tommy Mano menegaskan, pihaknya akan segera berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Papua untuk melihat venue maupun fasilitas apa yang dapat dibangun di Kota Jayapura.

Pihaknya juga akan mendorong pembangunan rumah susun (Rusun) pada sejumlah wilayah strategis di Kota Jayapura, untuk menjadi tempat tinggal atlet selama pelaksanaan PON 2020.

“Sehingga setelah itu, fasilitas ini dapat difungsikan untuk merelokasi warga yang tinggal di bantaran gunung atau sungai ke Rusun.Sekali lagi kita harus mendorong fasilitas semacam ini, apalagi Kota Jayapura merupakan ibukota dan wajah dari provinsi ini,” kata dia.

Pada kesempatan itu, Tommy mengimbau seluruh masyarakat Kota Jayapura untuk dapat mendukung pelaksanaan PON 2020.

Warga Kota Jayapura juga didorong untuk menciptakan hal-hal kreatif yang dapat mendatangkan pemasukan maupun peningkatan ekonomi bagi keluarga, dengan memanfaatkan pelaksanaan PON 2020.

 

“Misalnya dengan membuat oleh-oleh PON maupun hal lain yang bisa dibawa oleh atlet yang nantinya berlaga disini. Sebab dengan begitu, kita berharap masyarakat bisa punya penghasilan tambahan dan ekonomi keluarganya meningkat,” pungkasnya.

Terkait komitmen Pemerintah Kota Jayapura ini, sebelumnya Sekretais Daerah (Sekda) Kota Jayaura, R. D. Siahaya mengatakan, atas nama masyarakat Port Numbay dan Pemerintah Kota Jayapura memberikan dukungan penuh untuk pelaksanaan PON XX 2020 di Papua, sekaligus menyambut kedatangan Bendera PON XX 2020.

Hari ini bumi Port Numbay telah menerima duplikat bendera PON XX 2020, karena itu patut kita bersyukur  kepada Tuhan, atas nama pemerintah dan masyarakat Port Numbay kami menyatakan siap untuk menyelenggarakan dan mensukseskan PON XX 2020 di Papua,” ujar R. D. Siahaya, dalam sambutannya saat menerima Bendera Pataka Duplikat PON XX 2020 dari Gubernur Papua, Lukas Enembe, di GOR Waringin di Kotaraja, Selasa (4/10/2016). (Eveerth  Joumilena)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here