Inilah Jawaban Ketidakhadiran Gubernur Saat Menteri ke Papua

0
398
Sekretaris Daerah Papua, Hery T. Dosinaen, saat diwawancara. (LintasPapua.com / Eveerth Joumilena)
Sekretaris Daerah Papua, Hery T. Dosinaen, saat diwawancara. (LintasPapua.com / Eveerth Joumilena)
Sekretaris Daerah Papua, Hery T. Dosinaen, saat diwawancara. (LintasPapua.com / Eveerth Joumilena)

JAYAPURA (LP) – Banyaknya pertanyaan terkait ketidakhadiran Gubernur Papua dan Wakil Gubernur Papua, dijawab Sekretaris Daerah (Sekda) Papua, Hery T. Dosinaen bahwa keduanya lagi menjalani urusan keluar daerah.

Hal disampaikan Sekda Hery Dosinaen, menjawab pertanyan media terkait dengan sebelumnya Menteri Koordinator (Menko) Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan mengkritisi ketidakhadiran Gubernur Papua Lukas Enembe dan Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal saat dirinya bersama Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan, Wiranto, bersama Duta Besar Australia H.E,. Paul Grigson dan Jaksa Agung Wilayah Australia, George Brandis, yang melakukan kunjungan kerja ke Papua, Kamis (11/8/2016).

Ucapan kritikan ini disampaikan saat Menteri Koordinator (Menko) Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan, memberi sambutan dalam pertemuan dengan Forkopimda, akademisi, tokoh masayarakat, tokoh agama, dan tokoh adat se-Papua di Sasana Krida, Kantor Gubernur Papua DoK II Kota Jayapura di hari yang sama.

 

“Saya sudah laporkan kepada Menkopolhukam dan Menko Kemaritiman terkait ketidakhadiran Gubennur Papua dan Wakil Gubernur, yang mana Gubernur saat ini sedang ada kegiatan mahasiswa di Jogjakarta, karena semua minta pulang ke Papua,” ujar Sekda Papua, Hery Dosinaen, kepada media yang ditemui di Bandara Sentani, Jumat (12/8).

Dikatakan, masalah mahasiswa menjadi catatan penting dan Gubernur Papua sudah minta waktu untuk bertemu dengan Presiden Jokowi, agar sama – sama melihat hal ini.

“Kami sedang mengatur, agar Gubernur Papua dalam beberapa waktu kedepan  akan mendatangi kota – kota studi dari mahasiswa Papua, termasuk mengatur tatap muka dengan Presiden Jokowi,” kaytanya.

Dirinya menegaskan, sesuai pesan dari Gubernur Papua kepada mahasiswa, agar tetap fokus belajar dan belajar, karena datang ke kota studi cari ilmu adalah belajar.

“Jangan melakukan hal – hal diluar ketentuan, sebabnya kedepan juga akan dikoordinasikan dengan Bupati dan Wali kota, agar dapat mendata ulang secara jelas, sebab ada pembiayaan yang dilakukan, sehingga dapat mengontrol perkembangan belajar mahasiswa,” pesan Gubernur Papua, yang dilanjutkan Sekda Papua ini.

Ketika ditanya terkait keberadaan Wakil Gubernur Papua, Sekda menjawab, yang bersangkutan sementara mengikuti pelantikan pengurus Partai Golkar di Jakarta.

“Kalau Wakil Gubernur Papua ada ikut acara pelantikan paengurus Partai Golkar di Jakarta, semua sudah kami sampaikan juga saat kedatangan menteri ke Jayapura,” tandasnya. (Eveerth Joumilena)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here