Jadi Warga Kerajaan Allah : Mari Jalani Proses Kehidupan Dengan Sabar dan Bijaksana

0
207
BERSUKACITA DALAM KASIH ALLAH (mauliutus.org)

🇰 🇮 🇳 🇬 ‘🇸 🇸 🇼 🇴 🇷 🇩
Senin 1 Maret 2021

Bacaan Setahun:
Im.1-3
Mat. 20

GROW
“Sehingga kita bukan lagi anak-anak, yang diombang-ambingkan oleh rupa-rupa angin pengajaran, oleh permainan palsu manusia dalam kelicikan mereka yang menyesatkan, tetapi dengan teguh berpegang kepada kebenaran di dalam kasih kita bertumbuh di dalam segala hal ke arah Dia, Kristus, yang adalah Kepala.”Efesus 4:14-15

Tak terasa kita sudah memasuki bulan Maret 2021. Tak terasa sebagian dari kita sudah setahun melakukan Work From Home (WFH/ Kerja Dari Rumah) dan Study From Home (SFH/Sekolah Dari Rumah). Di bulan Maret ini tema renungan adalah Grow.

Kata grow yang merupakan kata kerja dalam Merriam Webster Dictionary memiliki arti: 1) to spring up and develop to maturity (untuk bertumbuh dan berkembang menjadi dewasa); 2) increase, expand (meningkat, berkembang); 3) to develop from a parent source (untuk berkembang dari sumber orang tua).

Dalam arti sederhana kata grow memiliki arti bertumbuh, berkembang dan meningkat menjadi dewasa. Jika kita mau mengalami grow kita harus mau mempersiapkan diri dengan benar dan baik.


Mari kita belajar tentang grow. Ada beberapa hal penting yang dapat kita persiapkan untuk grow. Yang pertama, grow membutuhkan komitmen. Untuk mengalami grow bukan hanya membutuhkan kemauan, namun komitmen yang kuat.

Ada banyak orang mau dan berjanji untuk grow, namun pada kenyataannya mereka hanya berkata dan berjanji namun tidak mau berusaha sama sekali. Untuk grow kita membutuhkan kemauan yang kuat dan komitmen yang kuat. Sudahkah anda memiliki komitmen yang kuat untuk grow?

Yang kedua, tanda grow adalah mau belajar. Jika kita mau grow, kita harus berkomitmen untuk belajar dengan tekun dan rajin. Setiap hari kita memiliki kesempatan untuk belajar dari kehidupan orang lain. Kita dapat menyerap kelebihan mereka dan membuang semua kekurangan mereka.

Kita juga dapat belajar banyak hal dari alam semesta beserta isinya. TUHAN mau kita mengelola alam semesta dengan benar dan baik, bukan memakai semaunya sendiri. Dan yang terutama kita dapat belajar dari TUHAN yang sudah memberikan hikmat, kecerdasan dan kepandaian kepada kita. Saat kita berhenti belajar kita akan berhenti bertumbuh dan orang yang berhenti bertumbuh sebenarnya sudah mengalami kematian sekalipun ia masih bernafas.

Yang ketiga, dalam grow ada perubahan. Berawal dari komitmen yang kuat dan komitmen mau belajar dengan benar dan baik maka terjadilah perubahan. Perubahan dimulai dari hal yang kecil dan akan berkembang menjadi lebih besar.

Dalam grow ada proses perubahan. Setiap proses perubahan menyebabkan kita bertumbuh, berkembang dan meningkat menjadi dewasa. Bersabarlah dalam menjalani proses perubahan dalam kehidupan anda. Maukah anda mengalami grow? (DW)

Questions :
1. Apakah yang dapat anda pelajari tentang ‘GROW’ atau BERTUMBUH, BERKEMBANG dan MENINGKAT MENJADI KEDEWASAAN?
2. Mengapa dalam grow kita membutuhkan komitmen untuk belajar dan berubah?

Values :
Seorang Warga Kerajaan Allah adalah pribadi yang mau menjalani setiap proses kehidupan dengan sabar dan bijaksana.

Setiap proses kehidupan membawa kita untuk bertumbuh, berkembang dan meningkat menjadi dewasa. (***)


 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here