Pertamina Gelar Aksi Donor Darah Ditengah Pandemi, Rustan Saru : Itu Langkah Mulia

0
164

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – PT Pertamina (Persero) MOR VIII Maluku Papua kembali mangajak para karyawan untuk berbagai dalam donor darah. Kegiatan donor darah sebagai wujud nyata kepedulian sosial Pertamina terhadap sesama di masa pandemi Covid-19.

Pjs Executive General Manager Maluku Papua, Novriantari mengatakan aksi donor darah akan dilalukan secara merata di seluruh wilayah operasi Pertamina, yang mana pelaksanaannya setiap triwulan artinya dalam satu tahun ada empat kali.

“Di kota Jayapura palaksanaan donor darah dilakukan di kantor Pertamina regional Maluku Papua, selanjutnya besok akan diadakan di fuel terminal kota Jayapura dan pada tanggal 27 Februari 2021 di DPPU (Depot pPengisian Pesawat Udara) Sentani,” ujarnya, di sela-sela kegiatan, Rabu (24/2/2021).

Dikatakan, berbagi dalam donor sarah ini nantinya juga diikuti di seluruh wilayah operasi di region Maluku Papua yang terdiri dari 21 fuel terminal dan 10 depot pengisian pesawat udara.

Sementara Area Manager Medical Maluku Papua, Benardo L. Tobing mengakui, dimasa pandemi untuk mencapai target tentu tidak bisa. Dijelaskan, sebelumnya aksi donor darah di kantor region mencapai 150 kantong transfusi darah, sementara di fuel terminal bisa sampai 200 dan di DPPU bisa sampai 150 kantong.

“Namun situasi covid-19 target kita tidak seperti itu apalagi pendonor hanya sebatas internal, jadi mungkin sekitar 30-50 kantong kalau bisa lebih dari itu kami sangat bersyukur,” katanya.

Langkah Pertamina berbagai pada sesama dalam donor darah di masa pandemi Covid-19 mendapat apresiasi dari wakil wali kota Jayapura, Rustan Saru.

Dalam kesempatan tersebut, Rustan yang juga selaku ketua PMI kota Jayapura, menilai apa yang dilakukan Pertamina merupakan langkah yang mulia. Menurutnya ini sangat membantu dalam rangka penyuplai darah di PMI kota Jayapura.

“Dari PMI kota Jayapura, kami sangat menyambut baik karena di masa pandemi ini jarang perusahaan atau masyarakat yang mau donor darah massal seperti ini,” ungkap Rustan.

Dia mengatakan, situasi pandemi covid-19 jumlah pendonor yang selama ada mengalami penurunan. Diungkapkan sebelum adanya Covid-19, PMI kota Jayapura per bulan bisa mendapat 1.400 kantong transfusi darah.

“Dimasa pandemi ini turun 40-60 persen. Jadi hanya sekitar 600 sampai 700 kantong darah per bulan,” tandasnya.

Untuk itu, pihaknya meminta semua komponen masyarakat baik kalangan swasta, BUMD dan TNI-Polri juga ASN agar bisa melakukan pendonoran darah seperti biasa, dengan begitu petugas PMI bisa melakukan penjemputan bola.

“Sebab ini sangat membantu dalam rangka menunjang dan menyelamatkan seseorang ketika membutuhkan darah itu,” pangkas Rustan. (Gracio/lintaspapua)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here