BPBJ Kota Jayapura Gelar Pendampingan Pengoperasian SPSE Versi Terbaru

0
63

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Badan Pengadaan Barang dan Jasa (BPBJ) kota Jayapura menggelar pendampingan pengoperasian Sistem Pengadaan Secara Elektronik (SPSE) versi terbaru untuk pengelola barang/jasa, di Aula Sian Soor, kantor wali kota Jayapura, Selasa (23/2).

Wakil Wali kota Jayapura, Rustan Saru, mengatakan aplikasi SPSE versi terbaru tersebut telah dikembangkan agar supaya pengadaan barang/jasa lebih transparan, akuntabel dan kredibel.

“Aplikasi SPSE saat ini yang terbaru versi 4.4 merupakan bentuk transisi implementasi peraturan Presiden tentang pengadaan barang/ jasa pemerintah,” katanya.

Dijelaskan, aplikasi versi terbaru ini digunakan oleh pelaku pengadaan seperti Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), Pokja pemilihan dan pejabat pengadaan dalam penyelenggaraan pengadaan barang /jasa mulai dari tahap perencanaan, persiapan dan pelaksanaan.

Ditambahkan Rustan, pihaknya telah membentuk bagian pengadaan barang jasa setda kota Jayapura untuk membantu pemerintah daerah dalam melakukan proses pengadaan.

“Sehingga para PPK, Pokja pemilihan dan pejabat pengadaan perlu mendapat informasi guna meningkatkan pengetahuan dan pemahaman mengenai aplikasi SPSE,” ujarnya.

“Harapannya, proses pengadaan secara elektronik yang lebih cepat, efisien, efektif tanpa meninggalkan asas akuntabilitas dan transparan,” tandas Rustan.

Sementara itu kepala Pengadaan Barang dan Jasa Setda kota Jayapura, Asep Akbar Mulyana Khalid, menjelaskan, pendampingan tersebut untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para pelaku pengadaan.

Sehingga ia berharap, peserta dalam kegiatan ini yang terdiri dari PPK, Pokja pemilihan dan pejabat pengadaan serta admin pembantu pejabat pembuat komitmen di setiap OPD.

Dikatakan, Aplikasi SPSE ini sebenarnya sudah lama tapi setiap tahun di update dan saat ini yang terbaru yaitu versi 4.4.

“Sehinggah semua proses pemilihan mulai dari tender maupun pengadaan langsung dilakukan melalui aplikasi SPSE yang disiapkan oleh LKPP,” katanya. (Gracio/lintaspapua)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here