Berjalan Kaki, Kapolda Papua Serukan Kamtibmas Kepada Warga

0
114

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Seruan kamtibmas bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya dengan berjalan kaki dan menyapa warga seperti yang dilakukan Kapolda Papua Inspektur Jenderal Paulus Waterpauw, Senin (22/2).

Tanpa tim patrol, Kapolda hanya didampingi Karo Ops Polda Papua Kombes Pol. Jeremias Rontini dan anggota staf pribadi (Spri) tersebut menyasar sepanjang jalan depan Kantor Gubernur, Dinas PU (Dok V) Bawah, Lapangan Mandala dan berakhir di Polsek Jayapura Utara.

Kapolda menjelaskan, selain menjaga ketahanan fisik, alasan dirinya berjalan kaki memantau situasi kamtibmas di kota Jayapura ialah salah satu cara untuk mengetahui secara langsung kondisi keamanan di ibu kota Provinsi Papua tersebut.

“Saya bisa berdialog dengan warga langsung soal situasi kamtibmas, selain itu dapat mempererat tali silaturahmi serta menciptakan peran aktif masyarakat dalam menjaga Kamtibmas di wilayahnya masing-masing,” ujar Kapolda.

Dengan cara seperti itu, kata Kapolda, terjadi komunikasi dua arah, polisi bisa memberikan imbauan sedangkan masyarakat bisa menceritakan bahkan memberikan saran kepada polisi.

“Sehingga kita dapat mengetahui apa yang menjadi masukan dari warga terkait situasi terkini khususnya di Kota Jayapura. Dengan begitu, Kami bisa mengambil langkah dengan untuk menindaklanjuti apa yang menjadi saran dan masukan warga. Ini semua agar terciptanya situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif di Papua,” tutur Kapolda.

Disepanjang jalan, ketika bertemu warga Kapolda selalu mengimbau untuk menerapkan Protokol kesehatan (Prokes) Covid-19, menggunakan masker, mencuci tangan, mencuci tangan dan tidak berkerumun saat melakukan aktifitas diluar rumah. (Gracio/lintaspapua)


 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here