Amerika Siap Bekali Calon Pemimpin Indonesia, Kedubes AS Rayakan HUT ke-10 @america dengan Peluncuran Program Kepemimpinan untuk Pejabat Publik

0
113

JAKARTA (LINTAS PAPUA) –  Dalam perayaan HUT ke-10 @america, Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta meluncurkan program Atlas Corps x @america: Indonesia Public Sector Leadership Initiative. Program ini membekali calon pemimpin masa depan Indonesia di sektor publik dengan keterampilan kepemimpinan yang esensial.

Program Atlas Corps x @america: Indonesia Public Sector Leadership Initiative akan melibatkan para profesional cemerlang di sektor publik Indonesia ke dalam peluang pengembangan kepemimpinan global. Program ini tengah merekrut profesional muda dalam bidang pemerintahan, politik, nirlaba, pendidikan, atau bidang perubahan sosial serupa untuk program-program daring di Amerika Serikat. Program ini merupakan kolaborasi antara @america, yang merupakan pusat kebudayaan Kedubes AS, dan Atlas Corps, sebuah organisasi pengembangan kepemimpinan yang berbasis di Washington D.C.

Presiden Jokowi dan Presiden Amerika, Joe Biden, saat masih menjadi Wakil Presiden Amerika dan berjumpa bersama. (ISTIMEWA)

“Pada saat dunia berupaya menghadapi tantangan-tantangan pandemi, kita membutuhkan kepemimpinan yang kuat dari pemerintah kita dan semua pihak yang ikut merumuskan kebijakan,” ujar Heather Variava, Kuasa Usaha ad interim Kedubes AS.

“Kami senang bisa menawarkan peluang untuk mengembangkan keterampilan kepemimpinan yang esensial bagi profesional Indonesia yang memainkan peran penting dalam membantu komunitas mereka di masa yang sulit seperti sekarang ini. Menurut kami selain ini, tidak ada cara yang lebih baik lagi untuk merayakan HUT @america.”

“@america telah bermitra dengan Indonesia selama 10 tahun dalam berbagai macam isu, seperti perlindungan lingkungan hidup, pengembangan tenaga kerja, dan program pendidikan untuk para murid,” ujar Deidra Avendasora, Direktur @america. “Ini merupakan program pertama kami yang menawarkan program kepemimpinan mendalam khusus untuk sektor publik, yang disertai dengan peluang untuk melanjutkannya di Amerika Serikat melalui beasiswa.”

Program ini terdiri atas beberapa elemen. Kurikulum daring program ini mencakup pembicara utama, lokakarya interaktif, aktivitas mandiri, kelompok diskusi, serta kegiatan pembangunan masyarakat dengan organisasi dan pemimpin ternama AS. Peserta program juga akan memiliki kesempatan untuk mengerjakan proyek individual yang berfokus pada isu-isu lokal atau regional. Pada akhir program, sejumlah peserta terbaik akan dipilih untuk beasiswa di Amerika Serikat dengan organisasi yang sesuai dengan minat, keterampilan, dan kemampuan peserta.

“Sejak 2006, Atlas Corps telah menawarkan beasiswa tingkat global kepada para pemimpin yang sebagian besar bergerak dalam sektor nirlaba. Kami senang bisa bermitra dengan @america untuk menyediakan program yang berfokus pada sektor publik untuk pertama kalinya. Para pemimpin Indonesia ini akan menjadi bagian dari komunitas global kami yang terdiri atas 1,000 profesional dari 103 negara,” ujar Abby Robinson, Plt. Direktur Utama Atlas Corps.

“Saat saya menjabat sebagai Dubes AS untuk Indonesia dari 2014 hingga 2016, saya bekerja sama dengan banyak profesional luar biasa Indonesia yang menangani isu sosial dan memberi manfaat bagi masyarakat. Saya secara pribadi dapat membenarkan bahwa Indonesia memiliki banyak individu berbakat dalam sektor publik, dan inilah mengapa saya bangga untuk mendukung program Atlas Corps x @america: Indonesia Public Sector Leadership Initiative ini,” ujar mantan Dubes AS Robert Blake.

@america akan mengadakan sesi informasi daring pada 18 Februari pukul 19:30 WIB, dengan menampilkan mantan Dubes AS Robert Blake; Dubes Dino Patti Djalal dari Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI); Ivana Agustin, Perwakilan USINDO; dan Meredith Newark, Direktur Program Senior Atlas Corps. Mereka akan didampingi oleh empat pemimpin Atlas Corps dari Indonesia: Lukman Baihaqi, Irma Nurgrahanti, Isabella Veronica Silalahi, dan Lisa Wijayani. Sesi informasi ini terbuka untuk publik dan media. Acara ini akan ditayangkan di media sosial @america, termasuk Facebook, Twitter, Instagram, dan YouTube.

Pendaftaran program ini dibuka hingga 5 Maret 2021. Pelatihan akan dimulai pada Juni 2021. Untuk informasi lebih lanjut atau untuk mendaftar, kunjungi Indonesia.atlascorps.org. (jakartapressoffice@state.gov)


 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here