P-Care Vaksinasi Covid-19 Bantu Kerja Petugas Medis Lapangan

0
38

JAYAPURA (LINTAS PAPUA)- BPJS Kesehatan Jayapura kembali memberikan sosialisasi kepada Petugas P-Care Vaksin Puskesmas dan rumah sakit se-Kota Jayapura. Sosialisasi yang diberikan mengenai pembaruan aplikasi P-Care Vaksin 1.5.1 yang memuat tambahan fitur dalam proses pencatatan vaksinasi. Senin(15/2/2021)

Pps. Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer BPJS Kesehatan Cabang Jayapura, Faizal Busran menyampaikan bahwa kini ada fitur hak akses user untuk melakukan verifikasi data sasaran kepada calon penerima vaksin. Pembuatan user verifikasi data sasaran dilakukan oleh Dinas Kesehatan dan pimpinan fasilitas kesehatan akan menunjuk petugas verifikasi data sasaran, lalu melaporkan data petugas berupa nama, Nomor Induk Kependudukan (NIK), nomor handphone, dan alamat email kepada Dinas Kesehatan. Penambahan fitur verifikasi data sasaran ini bertujuan untuk memperbaiki data sasaran dan penambahan data sasaran yang belum terbentuk di PeduliLindungi.id.“Aplikasi P-Care Vaksinasi Covid-19 merupakan aplikasi yang disediakan oleh BPJS Kesehatan untuk mendukukung pelaksanaan vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat. Sehubungan dengan pelaksanaan pemberian vaksin Covid-19 kepada petugas kesehatan dan masyarakat di Kota Jayapura, BPJS Kesehatan Cabang Jayapura telah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kota Jayapura untuk turut mendukung pelaksanaan vaksinasi ini,” ujar Faizal.

Ditambahkannya, dalam pelaksanaan telah diberikan hak akses P-Care kepada Dinas Kesehatan. Selanjutnya Dinas Kesehatan akan menentukan dan menyeleksi fasilitas kesehatan mana saja yang dapat memberikan pelayanan vaksinasi. Untuk menentukan fasilitas kesehatan yang dapat melakukan vaksinasi, bisa saja dilakukan oleh fasilitas kesehatan yang belum bekerja sama dengan BPJS Kesehatan dengan syarat sudah ditetapkan oleh Dinas Kesehatan sebagai fasilitas kesehatan pelaksana vaksinasi.

Salah satu petugas P-Care Vaksinasi Covid-19 Puskesmas Waena, Anastasya mengatakan bahwa kegiatan sosialisasi dan simulasi aplikasi P-Care Vaksinasi Covid-19 ini dirasakan sangat bermaanfaat oleh petugas fasilitas kesehatan pemberi pelayanan vaksin.“Penjelasannya mudah dipahami sehingga dapat membantu petugas dalam proses pengentrian data vaksin saat di lapangan,” katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Jayapura, drg. Juliana Napitupulu juga menyampaikan tanggapan positif bahwa kegiatan ini bermanfaat untuk merefleksikan kembali apa yang telah dilakukan petugas di lapangan.“Saya berharap kepada petugas agar dapat memaksimalkan proses pencatatan vaksinasi melalui aplikasi P-Care yang sudah dijelaskan oleh pihak BPJS Kesehatan agar tepat sesuai dengan data peserta penerima vaksinasi,” tuturnya.(BPJS Kesehatan Cabang Jayapura)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here