Peduli Bencana, KKMB dan KKPB Provinsi Papua Kirim Tim Kemanusiaan ke Sulawesi Barat

0
157

Nampak Ketua KKPB Provinsi Papua H. Muhammad Thamrin Ruddin beserta pengurus KKPB Provinsi Papua ketika foto bersama dengan tim kemanusiaan, di Bandara Sentani, Kabupaten Jayapura, Sabtu (23/1/2021). (Irfan /LPC)

SENTANI (LINTAS PAPUA) – Kerukunan Keluarga Masyarakat Bone (KKMB) dan Kerukunan Keluarga Pemuda Bone (KKPB) Provinsi Papua mengirimkan tim bantuan kemanusiaan untuk korban bencana alam gempa bumi di Kabupaten Majene dan Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat.
Tim bantuan kemanusiaan dari KKMB dan KKPB Provinsi Papua ini dilepas Ketua Kerukunan Keluarga Pemuda Bone (KKPB) Provinsi Papua, H. Muhammad Thamrin Ruddin, Sabtu (23/1/2021) di Bandara Sentani, Kabupaten Jayapura.

Ketua Kerukunan Keluarga Pemuda Bone (KKPB) Provinsi Papua, H. Muhammad Thamrin Ruddin mengatakan, pengiriman tim bantuan kemanusiaan ini guna membantu pemulihan pascabencana gempa bumi yang terjadi baru-baru ini di Majene dan Mamuju, Sulawesi Barat.

“Alhamdulillah, hari ini rekan-rekan dari KKMB dan KKPB Provinsi Papua ada tiga orang yang kami berangkatkan ke Sulawesi Barat, untuk misi kemanusiaan. Semoga dengan keberangkatan tiga orang ini, mereka di perjalanan selamat sampai tujuan dan mudah-mudahan semua bernilai ibadah untuk keluarga besar KKMB dan KKPB Provinsi Papua,” tutur pria yang juga Anggota DPRD Kota Jayapura ketika dikonfirmasi wartawan media online ini usai melepas tim kemanusiaan di Bandara Sentani, Kabupaten Jayapura, Sabtu (23/1/2021) siang.

Bantuan kemanusiaan yang dibawa oleh tim KKMB dan KKPB Provinsi Papua ini merupakan hasil donasi masyarakat Provinsi Papua khususnya di Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura ketika pengurus dan anggota KKMB dan KKPB Provinsi Papua turun ke lapangan melakukan aksi penggalangan dana.

“Selaku ketua KKP Bone Provinsi Papua, saya mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh masyarakat Provinsi Papua khususnya Kabupaten/Kota Jayapura yang sudah memberikan donasi, juga kepada pengurus KKMB dan KKPB Provinsi Papua maupun Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura yang telah melakukan penggalangan dana untuk membantu para korban gempa bumi di Sulawesi Barat,” ucapnya.
Berdasarkan kesepakatan, relawan yang dikirim ada tiga orang yakni, Muhammad Taufiq Maulana, Agus dan Taufiq PM, yang terdiri dari pengurus/anggota KKMB dan KKPB Provinsi Papua.

“Tim dikirim sebanyak tiga orang yang akan bergabung bersama pengurus pusat KKMB dan KKPB yang sudah lebih awal berada di Sulawesi Barat. Insha Allah, mereka akan tiba pada siang hari di Makassar Sulawesi Selatan dan beristirahat sejenak, kemudian mereka akan langsung menuju Majene dan Mamuju Sulawesi Barat,” ungkapnya.

Misi kemanusiaan ini akan merupakan bagian kepedulian KKMB dan KKPB Provinsi Papua terhadap musibah bencana alam gempa bumi yang terjadi di Majene dan Mamuju, Sulawesi Barat. Rencananya, tim ini akan berada di lokasi bencana selama tujuh hari, atau menyesuaikan dengan kebutuhan dan arahan dari pengurus pusat KKMB dan KKPB.

Sementara itu ditempat terpisah, Ketua KKMB Provinsi Papua, H. Muhammad Darwis Massie, SE, mengatakan, KKMB dan KKPB Provinsi Papua itu merupakan organisasi sosisl kemasyarakatan yang memiliki peran saah satunya adalah berkiprah dalam hal-hal kemanusiaan.

“Jadi setiap ada musibah bencana alam maupun non alam, maka secara naluri kami sebagai manusia merasa terpanggil. Oleh karena itu, kami dari KKMB maupun KKPB Provinsi Papua melakukan kegiatan bantuan atau aksi penggalangan dana untuk korban bencana alam gempa bumi di Majene dan Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat,” ujar pria yang juga Anggota DPR Papua ketika dihubungi wartawan media online ini via telepon seluler, Sabtu (23/1/2021).

“Ini merupakan salah satu bentuk perhatian dan juga kepedulian kami terhadap musibah bencana gempa bumi yang terjadi di Majene dan Mamuju,” sambung Darwis Massie.

Untuk itu, Darwis Massie mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Provinsi Papua yang telah berdonasi untuk korban bencana alam gempa bumi di Majene dan Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat.
“Kami juga sangat berterima kasih kepada seluruh masyarakat yang ada di Provinsi Papua, baik itu di Kota Jayapura maupun di Kabupaten Jayapura yang telah berperan dan mengambil bagian dalam memberikan bantuan donasinya kepada para korban gempa bumi di Sulawesi Barat,” ucap mantan Anggota DPRD Kota Jayapura ini.

“Insha Allah, teman-teman yang dikirim ke Mamuju dan Majene mewakili KKMB dan KKPB Provinsi Papua akan menyalurkan bantuan tersebut. Artinya, tepat sasaran dan tepat manfaat. Kiranya juga bisa sedikit meringankan beban saudara-saudara kita yang terimpa bencana gempa bumi di Sulawesi Barat,” sambung Darwis Massie.

Terkait hal ini pula, KKMB dan KKPB Provinsi Papua memperoleh donasi bantuan bencana alam bagi korban gempa bumi Majene dan Mamuju, Sulawesi Barat itu sebesar Rp. 45.093.000, yang merupakan hasil dari aksi penggalangan dana saat turun ke lapangan, bantuan door to door maupun bantuan dari para pengurus KKMB dan KKPB Provinsi Papua.

Sementara hasil dari donasi bantuan tersebut, akan dibelanjakan sesuai kebutuhan korban gempa bumi di Majene dan Mamuju usai tim kemanusiaan melakukan survei dan mendata kebutuhan para korban bencana alam yang paling dibutuhkan saat ini. (Irf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here