Dapat Apresiasi Dari Mabes Polri, Film “Si Tikam Polisi Noken” Gelar Syukuran

0
37

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Para pemain dan tim film layar lebar “Si Tikam Polisi Noken” menggelar acara syukuran di Jayapura, Sabtu (23/1/2021). Film ini mendapat apresiasi dari Mabes Polri sebagai wujud dan rasa kebanggaan bagi masyarakat Papua khususnya Polda Papua.

Karo SDM Polda Papua, Kombes Pol Ade Djaja Subagdja selaku sutradara mengatakan, Pembuatan Film ‘”SI Tikam Polisi Noken” merupakan trobosan kreatif dan inovasi Polda Papua yang bertujuan sebagai upaya ikut mempromosikan Budaya Papua khususnya yang ada di pegunungan.

Dimana film ini sudah di rancang dua tahun yang lalu yang mengangkat budaya dan adat istiadat masyarakat Papua serta sinegritas TNI / Polri, dalam pembuatan film ini menghabiskan dana lebih Rp.1 milyar yang didukung oleh para sponsor, para Kapolres dan pengusaha.

“Pembuatan film ini melalui tahapan casting, dari casting ternyata banyak Anggota Polri yang memiliki bakat serta kemampuan baik acting dan bela diri, pembuatan film judul Si Tikam Polisi Noken diangkat dari kisah nyata perang suku dan mengangkat Anak Asli Papua menjadi anggota Polri sejati,” ujarnya.

Dia menuturkan, dengan adanya film Si Tikam Polisi Noken ini akan menunjukan kepada seluruh Indonesia bahwa polisi noken yang telah dikemas dengan tiga hal yakni Loyalitas, Kejujuran dan Kesetiaan, untuk itu dirinya mengajak semua pihak untuk mensukseskan keberhasilan Film Layar lebar Produksi Polda Papua dengan judul “Si Tikam Polisi Noken”.

“Jadi Si Tikam ini adalah gambaran sosok seorang polisi noken yang mempunyai loyalitas, kejujuran dan kesetiaan,” katanya.

Dikatakan, pembentukan Bintara Noken mendapatkan apresiasi yang sangat baik dari Mabes Polri, masyarakat dan Pemerintah Daerah.

Dalam pembuatan film Si Tikam Polisi Noken kata Ade Djaja, melibatakan 360 personil yang terdiri dari pemeran utama, pembantu dan seluruh kru.

Sementara Wakapolda Papua Brigjen Pol Mathius D. Fakhiri, mengatakan dalam masa pendemi covid-19, polri khususnya Polda Papua tetap eksis dengan menyelenggarakan preventif dan kegiatan preemtif penegakan hukum serta membuat berbagai terobosan kreatif dan inovasi-inovasi lainnya salah satunya pembuatan film Si Tikam Polisi Noken.

Bahkan katanya, Mabes Polri memberikan apresiasi kepada Polda Papua Untuk Tahun 2021 penerimaan bintara noken sebanyak 2000 orang untuk menjaring anak-anak Papua menjadi anggota Polisi.

“Film layar lebar produksi Polda Papua ini bertujuan untuk mempromosikan budaya Papua khususnya yang ada di pegunungan yang dikelilingi oleh hutan dan lembah serta adat istiadatnya yang begitu unik dan mengangkat anak-anak dan generasi muda Papua untuk maju dan menggali potensi yang ada pada diri sendiri dengan menjadi Abdi Negara,” katanya.

Nantinya pemutaran film layar lebar Si Tikam Polisi Noken akan ditayangkan di Bioskop XXI Jayapura dan serentak seluruh Indonesia, “dimohon segenap jajaran di TNI-Polri, Pemprov. Papua Tokoh Adat Tokoh Agama, dan Tokoh Masyarakat serta sponsor untuk mengajak keluarga, saudara dan rekan-rekan untuk menyaksikan penayangan film layar lebar Si Tikam Polisi Noken,” pungkasnya.

(Gracio/lintaspapua.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here