Kurang dari 48 Jam, PLN Berhasil Normalkan 88% Gardu di Manado

0
65

MANADO (LINTAS PAPUA) –  Hingga Minggu sore pukul 17.00 WITA, PLN berhasil menyalakan kembali 694 gardu dari 784 gardu yang teridentifikasi terdampak banjir dan tanah longsor sejak Sabtu (16/01). Hal tersebut berdampak terhadap nyalanya listrik kembali 77.034 pelanggan dari total 87.024 pelanggan yang sebelumnya terhenti pasokan listriknya untuk keamanan ketenagalistrikan.

Petugas PLN dengan cepat menginventarisasi infrastruktur yang terdampak dan penormalan kembali secara bersamaan untuk memastikan kemanan ketika listrik listrik dinyalakan.

Tidak kurang dari 138 personil dikerahkan untuk segera mempercepat pengoperasian kembali sistem kelistrikan kembali.

“PLN terus berusaha menormalkan kembali daerah yang masih terdampak. PLN juga menyiapkan Posko Siaga 24 jam untuk layanan pengaduan dan melakukan pengawasan didaerah yang berpotensi banjir dan longsor,” ungkap Andre Lengkong, Manager PLN UP3 Manado.

Dirinya menambahkan, PLN juga kembali menghimbau kepada masyarakat ketika cuaca ekstrem seperti ini untuk segera melaporkan potensi bahaya kelistrikan kepada PLN untuk kenyamanan dan keselamatan bersama.

Berikut himbauan PLN kepada masyarakat :

1. Masyarakat mau merelakan pohon dirabas yang mendekati jaringan PLN yang berpotensi gangguan listrik saat hujan
2. Matikan listrik dari Miniature Circuit Breaker (MCB) (apabila ada genangan air)
3. Cabut seluruh peralatan listrik yang masih tersambung dengan stop kontak
4. Naikkan alat elektronik ke tempat yang lebih aman
5. Masyarakat diminta segera melaporkan ke PLN untuk penghentian Pasokan Tenaga Listrik apabila sudah terdapat Potensi Terkait Banjir yang datang untuk keselamatan masyarakat.

Masyarakat dapat melaporkan potensi bahaya dan gangguan kelistrikan melalui Contact center PLN 123 yang dapat diakses lewat telepon (kode area) 123, media sosial PLN 123, dan aplikasi smartphone PLN Mobile demi kemudahan layanan kapan saja di mana saja.

Sementara itu, warga kota Manado berterimakasih atas respons cepat PLN dalam memulihkan listrik.

“Lampu sudah menyala, terimakasih PLN kalian sudah menerangi hidup kami kembali. Tetap semangat jaga kesehatan GBU,” ucap Riko Mentu, salah satu warga Kelurahan Paniki Bawah Kecamatan Mapanget.

Saat ini (Minggu,17/1) daerah-daerah yang masih dalam tahapan recovery yaitu mencangkup daerah Banjer, Tikala, Komo, Taas, Senduk, Tambala, Tangkuney, Kayuuwi, Tareran, Makawembeng, Watumea, Tanggari, Tombasian, Ranolambot.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here